.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Hubungan Mikrobiologi dengan Bidang Kesehatan

Tafshare - Selamat pagi kawan - kawanku semua. Kita sekarang masih melanjutkan pembahasan Seputar dunia Mikrobiologi ya. Sebelumnya saya telah membagikan Hubungan Mikrobiologi dengan Perkembangan Bidang Makanan dan Industri. Sekarang ini, saya akan sedikit membahas terkait dengan apa yang manusia selalu menjaganya, ya Kesehatan. Dunia kesehatan juga telah mengembangkan ilmunya dengan mengkolaborasikan Ilmu Mikrobiologi. Karena terdapat banyak sekali manfaat dari setiap mikroorganisme, sebagian yang lain menjadi penyebab terganggunya kesehatan seseorang.

Salah satu manfaat mikroorganisme dalam bidang kesehatan adalah dalam menghasilkan antibiotik. Bahan antibiotik dibuat dengan bantuan fungsi, aktinomiset, dan bakteri lain. Antibiotik ini merupakan obat yang paling manjur untuk memerangi infeksi oleh bakteri. Beberapa mikroba menghasilkan metabolit sekunder, yang sangat bermanfaat sebagai obat untuk mengendalikan berbagai penyakit infeksi.

Sejak dulu telah dikenal jamur Penicillium yang pertama kali ditemukan oleh Alexander Fleming (1982), bakteri ini dapat menghasilkan antibiotik penisilin. Sekarang bakteri ini banyak diproduksi di berbagai antibiotik dari berbagai jenis mikroba yang sangat berperan penting dalam mengobati berbagai penyakit. Selain untuk antibiotik dalam bidang kesehatan, mikroorganisme juga dapat digunakan sebagai agen pembusuk di dalam saluran pencernaan alami yang turut membantu mencerna makanan di dalam saluran pencernaan. Selain itu banyak juga mikroorganisme yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia seperti spora bakteri (spora antrax) yang dapat menginfeksi manusia melalui tiga cara yakni melalui kulit (menyebabkan antrax kutan), melalui pernafasan (antrax inhalasi) dan melalui saluran pencernaan.

Karena memang salah satu penyebab dari kesehatan atau penyakit adalah mikroorganisme seperti bakteri, virus dan sejenisnya, maka ilmu Mikrobiologi terus dkembangkan pula pada bidang kesehatan. Inilah mengapa ilmu mikrobiologi sangat ditekankan pada bidang kedokteran, mutu pangan, kosmetik, fashion atau segala hal yang berkaitan langsung dengan tubuh manusia.

Semoga Barokah dan Bermanfaat :D
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net