.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Hubungan Mikrobiologi dengan Ilmu Bioteknologi

Tafshare - Selamat malam teman - teman semua. Jauh sebelum ini saya sudah membagikan mengenai Manfaat Mempelajari Sejarah Perkembangan Mikrobiologi. Nah, sekarang saya akan melanjutkan pembahasan mengenai Hubungan Mikrobiologi dengan Ilmu Bioteknologi. Pada pembahasan ini sbetulnya sudah sangat diperingkas ya. Jadi ini pembahasan paling mudah, hanya hubungan dan contohnya saja. Sehingga penjelasan ini sudah sangat ringkas dan sederhana. Yuk, simak baik - baik.

Dalam perkembangannya, mikroba sangat berperan dalam kemajuan bioteknologi. Hal ini disebabkan karena materi genetika mikroba masih sederhana, sehingga mudah dimanipulasi untuk disisipkan ke gen yang lain. Disamping itu, karena materi genetik mikroba dapat berperan sebagai vektor (plasmid) yang dapat memindahkan suatu gen dari kromosom organisme ke gen organisme lainnya. Misalnya terapi gen pada penderita gangguan liver. Terapi ini dapat dilakukan secara ex-vivo maupun in-vivo.

Dalam terapi gen ex vivo, sel hati (misalnya) dari pasien yang hatinya telah mengalami kerusakan dipindahkan melalui pembedahan dan perawatan. Kemudian melalui terapi gen akan menyalurkannya dengan menggunakan vektor. Sel-sel hati yang dirubah secara genetik kemudian akan ditransplantasikan kembali dalam tubuh pasien tanpa khawatir akan kegagalan dari proses pencakokan jaringan tersebut karena sel-sel ini pada awalnya berasal dari pasien.

Beberapa hasil perkembangan bioteknologi lain yang penting dan melibatkan mikroba adalah produksi insulin, tanaman transgenetik serta antibodi monoklonal. Antibodi monoklonal (Mabs) merupakan salah satu antibodi murni yang bersifat sangat spesifik dan menjadi peluru ajaib bagi dunia pengobatan.

Kesimpulannya adalah, Ilmu Mikrobiologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu bioteknologi. Hal ini menjadi pembahasan tersendiri pada ilmu bioteknologi. Mungkin sampai disini penyampaiannya dari saya, Masih banyak kurangnya silahkan BERKOMENTAR ya... :D

Semoga Barokah :)
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net