Jurnal Laporan Praktikum Ekologi Perairan Acara Ekosistem Sungai



Praktikum ekologi perairan acara 1 Ekosistem Sungai dilaksanakan pada hari selasa, 1 Maret 2016 pada pukul 14.00 – 18.00 yang bertempatkan di Sungai Tambak Bayan dan Laboratorium Ekologi Perairan. Ada beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk melaksanakan praktikum ini yaitu bola tenis, stop watch, roll meter, penggaris, termometer, botol oksigen, erlenmeyer, gelas ukur, pipet ukur, pipet tetes, ember plastik, plot, saringan, plankton net, mikroskop, alat tulis, pH meter, larutan MnSO4, larutan Reagen O2, larutan H2SO4 pekat, larutan 1/80 N Na2S2O3, larutan 1/40 N Na2S2O3, larutan 1/44 N NaOH, larutan 1/50 N H2SO4, larutan 1/50 N HCl, larutan Indikator Amilum, PP, larutan MO, Formalin 4%
Ada 2 metode yang digunakan dalam praktikum ini yaitu metode winkler dan metode alkalimetri. Untuk metode winkler digunakan pada saat mengukur kandungan O2 terlarut (DO). Untuk penggunaan metode alkalimetri dilakukan pada saat mengukur kandungan CO2 bebas dan Alkalinitas.
Dalam melakukan pengamatan, ada perhitungan – perhitungan yang dilakukan agar hasilnya akurat. Untuk melakukan perhitungan, ada rumus atau cara tertentu yang sudah ditetapkan. Untuk menghitung indeks keanekaragaman makrobentos rumus yang digunakan adalah Shannon-Wiener. Rumusnya berbunyi    yang mana H adalah Indeks keanekaragaman, ni adalah cacah individu suatu genus dan N merupakan cacah individu seluruh genera. Kemudian untuk menghitung kandungan O2 terlarut yang ada di air, rumus yang digunakan berbunyi   dengan keterangan Y adalah banyak larutan 1/80 N Na2S2O3 yang digunakan untuk titrasi dari awal hingga akhir. Untuk yang lainnya adalah konstanta yang sudah di rumuskan sebelumnya. Seperti 1 ml 1/80 N Na2S2O3  nilainya sama dengan  0,1 mg O2/l. Ada juga rumus yang digunakan untuk menghitung kandungan CO2 bebas yang berbunyi  . Yang mana  adalah banyak larutan 1 ml 1/44 N NaOH yang digunakan. Konstanta yang ada dalam rumus ini adalah 1 ml 1/44 N NaOH berarti 1 mg CO2.  Selanjutnya untuk menentukan hasil dari Alkalinitas rumus yang digunakan adalah perhitungan k   yang selanjutnya hasilnya menjadi nilai X dan perhitungan k  yang selanjutnya menjadi nilai Y. Nilai inilah yang akan digunakan untuk menghitung Alkalinitas Total, (X) + (Y) mg/l. Yang mana nilai C adalah Alkalinitas dan D adalah Alkalinitas Bikarbonat.

HASIL DAN PEMBAHASAN

SEBELUMNYA                              SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment