.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Kelebihan dan Kelemahan Penggunaan Pancing Rawai


Tafshare - Selamat pagi teman - teman. Jangan lupa ya ibadah malamnya. Sebelumnya kita telah membahas Zona Perairan yang Tepat untuk Menggunakan Pancing Rawai. Nah, pada bahasan sebelumnya kita sudah mengetahui bagian - bagian yang menjadi tempat bermainnya ikan. Jadi kita sudah lebih tahu dimana kita harus melakukan penangkapan. Sekarang, saya akan mengulas sedikit mengenai Zona Perairan yang Tepat untuk Menggunakan Pancing Rawai. Jadi selain mengetahui zona habitat ikan kita juga harus mengetahui kecocokan alat tangkap dengan lokasi penangkapan.


Tentunya kita menyadari bahwa setiap apa yang ada disekitar kita pastilah tidak sempurna. Ada masing – masing kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan alat tangkap pancing rawai ini. Pancing rawai ini memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan. Untuk kelebihan dari pancing rawai secara umum diantaranya:
·         Mudah dalam pengoperasiaannya
Pancing rawai ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pancing biasanya. Sehingga dalam pengoperasiaannya hanya berbeda sedikit saja. Sisanya sama kegunaannya dengan pancing.

·         Syarat fishing ground relatif sedikit
Penggunaan pancing rawai untuk penangkapan ikan sangat fleksibel. Sedikitnya syarat fishing ground menjadi keuntungan tersendiri dalam pengoperasian pancing rawai. Karena sedikitnya syarat ini, pancing rawai dapat digunakan dimana saja sesuai dengan kebutuhan tangkapan.

·         Pengaruh cuaca dan pengaruh kondisi laut relatif sedikit
Alat tangkap biasanya akan mendapatkan pengaruh dari kondisi cuaca dan kondisi laut. Karena kondisi inilah beberapa alat tangkap tidak dapat dioperasikan. Akan tetapi pengaruh ini tidak berdampak pada penggunaan pancing rawai. Ketika pancing rawai sudah dilepas dan dipasang maka kita tinggal menunggu untuk waktu yang ditentukan. Karena konsep dari pancing rawai bertindak pasif, jadi kita tidak aktif untuk mencari atau menggiring ikan – ikan yang ada di fishing ground.

Dari beberapa kelebihan yang telah dipaparkan diatas, ada beberapa kelemahan yang harus diantisipasi oleh nelayan dalam mengunakan pancing rawai. Beberapa kelemahan untuk pancing rawai antara lain:


·         Jumlah ikan yang ditangkap relatif
Meskipun pancing rawai memiliki mata pancing yang sangat banyak, tetapi tangkapannya belum maksimal. Hal ini disebabkan karena pancing rawai bersifat pasif. Sehingga untuk mengatur jumlah tangkapan belum dapat dipastikan banyak sedikitnya.

·         Umpan sangat berpengaruh
Karena pancing rawai bersifat pasif maka umpan sangat mempengaruhi hasil tangkapan. Sehingga penggunaannya membutuhkan kombinasi dari tempat penangkapan, banyaknya mata kail yang tersedia dan jenis umpan yang digunakan.

·         Sasaran ikan tangkapan masih acak
Karena pancing rawai tidak ditujukan khusus untuk ikan – ikan tertentu, maka hasil tangkapannya bervariasi. Hasil tangkapannya tergantung dari besar kecilnya rawai, panjang pendeknya dan fishing ground yang dipilih. Sehingga untuk khusus pada jenis ikan tertentu masih belum bisa dipastikan.


Mungkin sampai sini dulu bahasan kita ya. Jadi untuk bagian - bagian dari Karya Tulis Ilmiah dengan judul Penangkapan Ikan dengan Pancing Rawai sudah selesai. Hanya saja nanti mungkin sedikit saya kembangkan agar menjadi bahasan pokok pada blog ini. Sekian dulu, terima kasih ya...

Semoga Barokah :D
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net