.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Zona Perairan yang Tepat untuk Menggunakan Pancing Rawai

Tafshare - Selamat pagi teman - temanku semua. Terima kasih kepada pembaca setia blog Tafshare, karena dengan adanya pembaca setiap harinya blog ini dapat hidup dan terus berusaha memuat tulisan yang semoga bermanfaat bagi kita semua terutama mahasiswa. Lho? kok mahasiswa, ya karena saya masih mahasiswa heheehe.... Oke kita lanjutkan pembahasannya. Sebelumnya kita telah mengulas tentang Penjelasan Mengenai Rawai Perairan Karang dan Kegunaannya. Sekarang kita sudah pindah pada sub bab selanjutnya yaitu Zona Perairan yang Tepat untuk Menggunakan Pancing Rawai. Yuk, simak bareng - bareng


Laut merupakan bagian permukaan bumi yang berbentuk cekung sesuai dengan bentuk bumi dan tetutup air yang memiliki kadar garam tinggi. Karena besar dan luasnya perairan dilaut, ada klasifikasi tersendiri untuk zona perairan laut. Klasifikasi ini digunakan untuk mempermudah dalam pembagian lokasi atau pembagian tempat baik untuk penelitian, ketahanan negara atau untuk nelayan mencari ikan.
Dalam pembagian zona laut ini, ada tempat – tempat tersendiri sebagai fishing ground. Tempat inilah yang selalu di incar oleh nelayan baik skala kecil atau besar. Dalam penggunaan pancing rawai atau tuna longline juga ada zona – zonanya tersendiri. Berikut perairan yang tepat untuk penggunaan pancing rawai.

Zona Neritik
Zona ini terletak pada kedalaman 0 m – 200 m, biasa disebut juga zona dangkal. Ciri – ciri dari zona ini adalah sinar matahari yang masih dapat menembus hingga dasar, memiliki kedalaman maksimal 200 m dan banyak tedapat ikan serta tumbuhan laut. Pada zona ini pancing rawai yang tepat dalam penggunaannya adalah rawai perairan karang, rawai dasar dan rawai mini. Untuk penggunaan rawai yang lain pada zona ini dirasa kurang tepat karena selain rawai yang disebutkan tadi, kedalamannya mencapai lebih dari 200 m. Sehingga penggunaannya kurang efektif dengan kedalaman yang dibutuhkan.

Zona Batial
Zona ini teletak pada kedalaman 200 m – 1000 m. Zona ini dapat disebut sebagai laut dalam. Pada zona ini merupakan batas antara daratan dan perairan. Ciri – ciri dari zona ini adalah sedikitnya sinar matahari yang masuk atau bahkan sama sekali tidak ada. Kedalaman maksimal 1000 m dan tumbuhan yang hidup sudah sangat terbatas. Pada zona ini penggunaan rawai yang tepat yakni menggunakan rawai tuna sedang dan rawai tuna besar. Karena dua jenis rawai ini yang dapat menjangkau kedalaman zona ini.

Tuna pada umumnya memang berenang pada zona 0 – 400 m. Sehingga selain kita mengetahui zona yang tepat untuk menggunakan alat tangkap pancing rawai, kita juga harus mengerti letak jalur perjalanannya. Karena tuna adalah jenis ikan migrasi yang pastinya memiliki jalur perjalanannya. Untuk jenis ikan yang lainnya juga kita harus mengerti kebiasaannya, karena alat tangkap pancing rawai bukan alat tangkap yang khusus untuk satu jenis ikan saja.

Mungkin sekian dulu pembahasannya, semoga bermanfaat. Kita lanjutkan besok masih dengan bahasan tema Pancing Rawai. Terimakasih

Semoga barokah :D
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net