Jurnal Laporan Praktikum Ekologi Perairan Acara Ekosistem Sungai


kandungan CO2 bebas di atas. Kandungan alkalinitas pada stasiun satu sangat rendah tapi kadar CO2 sangat tinggi di banding dengan stasiun yang lain.

Derajat keasaman atau pH dapat digunakan menjadi indikator layak tidaknya air yang akan digunakan. Standar baku pH yang dapat ditempati ikan berada di kisaran angka 7. Sehingga untuk stasiun satu, dua dan tiga mendapatkan kelayakan yang sama. Karena data yang didapat konstan dan sama. Stasiun terbaik yang memiliki kandungan pH optimal berada pada semua tempat pengamatan.
Parameter selanjutnya adalah kepadatan plankton atau biasa disebut densitas. Ukuran kepadatan plankton dapat digunakan untuk melihat kesuburan nutrisi sebuah perairan yang dapat dimanfaatkan unuk kelangsungan hidup biota penghuninya. Dengan mengetahui kesuburan nutrisi yang ada, kita dapat mengetahui zat yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup biotanya. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengetahui beberapa parameter yang lain. Parameter ini tentunya yang dapat mendukung pertambahan nutrisi seperti kadar CO2, kecepatan arus atau debit air. Kepadatan plankton juga dapat digunakan sebagai parameter pengukur banyaknya organisme yang dapat hidup di sekitar perairan tersebut. Karena sifat plankton yang senantiasa menetap pada perairan tenang maka wajar saja jika stasiun dua menjadi yang stasiun terbaik. Selain itu, air yang tenang juga

SEBELUMNYA                              SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment