Jurnal Laporan Praktikum Ekologi Perairan Acara EKOSISTEM DANAU



fotosintesis tumbuhan tersestrial. Sumber karbondioksida yang dibutuhkan pada proses fotosintesis tumbuhan terestrial sepenuhnya langsung diambil dari atmosfir, sementara proses fotosintesis dalam lingkungan aquatik tergantung pada sumber karbondioksida yang terlarut dalam air. Ada jenis tumbuhan air yang dapat memanfaatkan karbondioksida bebas yang terlarut dalam air secara langsung. Semakin tinggi CO2 bebas dan diimbangi dengan tumbuhan air, maka semakin optimal untuk perkembangan organisme air lentik. Sehingga stasiun terbaik untuk kandungan CO2 bebas berada di stasiun 2.
Kandungan pH sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup organisme air. Seperti disinggung di atas, pH sangat berkaitan erat dengat CO2 bebas dan Alkalinitas. Untuk pH optimal yang dibutuhkan oleh biota air berada di kisaran 6-8,5 (Wijana, 2010). Ini adalah standar yang dibutuhkan untuk perkembangan yang optimal. Data yang Praktikan dapatkan pada stasiun 1, 2 dan 3 adalah 7,55; 7,35 dan 7,2. Untuk ke-3 stasiun memiliki kandungan pH yang normal dan sesuai dengan angka yang dibutuhkan biota air agar tetap hidup. Sehingga pada parameter pH yang terbaik berada di stasiun 3. Sedang untuk angka alkalinitas terbaik berada di stasiun 3. Karena nilai alkalinitas juga dipengaruhi oleh CO2 bebas dan pH. Semakin tinggi nilai alkalinitas semakin tinggi pula nilai pHnya. Sehingga alkalinitas dapat menjadi parameter penentu jika pH berada di satu range seperti kasus kali ini.


Bahan organik (BO) menjadi salah satu sumber nutrisi bagi kehidupan ekosistem perairan didalamnya. BO ini sangat berkaitan dengan BOD karena semakin tinggi nilai BOD maka mengindikasikan bahwa perairan mengandung banyak BO, tap sebaliknya semakin rendah BOD maka semakin miskin pula BOnya. Data BO pada stasiun 1 berada di angka 20,24, stasiun 2 berada di angka 13,28 dan stasiun 3 berada di angka 12,02. Ini terbukti setelah praktikan mengamati BOD yang dimiliki oleh stasiun dengan BO tertinggi yaitu stasiun 1. Tingginya angka BO dapat dipastikan kandungan BOD juga tinggi, rendahnya BOD


SEBELUMNYA                              SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment