Jurnal Laporan Praktikum Ekologi Perairan Acara ESTIMASI POPULASI GASTROPODA DAN MAKROBENTOS


sumber makanan bagi hewan bentos dan predator yang akan memengaruhi kelemahan bentos (Styobudiandi, 1997).
Pelaksanaan praktikum ini bertujuan untuk mempelajari penerapan metode tanpa plot (plotless) untuk mengestimasi populasi Gastropoda. Metode ini digunakan untuk melakukan perhitungan di sungai jika tidak ada plot. Kemudian mempelajari korelasi antara beberapa tolokukur lingkungan dengan populasi makrobentos (Gastropoda). Korelasi tolokukur ini digunakan untuk mengetahui benar salahnnya sebuah parameter dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

METODE
Praktikum ekologi perairan acara 2 estimasi populasi gastropoda dan makrobentos dilaksanakan pada hari selasa, 1 Maret 2016 pada pukul 14.00 – 18.00 yang bertempatkan di sungai Tambak Bayan dan Laboratorium Ekologi Perairan bersamaan dengan pelaksanaan praktikum acara 1 ekosistem sungai. Ada beberapa alat yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan praktikum ini yaitu tongkat kecil, bola tenis meja, stop watch, roll meter, penggaris, termometer, botol oksigen, erlenmeyer, gelas ukur, pipet ukur, pipet tetes, mikroburet, kertas label, alat tulis, pH meter. Ada juga bahan – bahan yang digunakan untuk melakukan pengamatan pada beberapa parameter diantaranya larutan MnSO4, larutan reagen O2, larutan H2SO4 pekat, larutan 1/80 N HCl, larutan Indikator amilum, larutan indikator PP, larutan MO, larutan BCG/MR, larutan 0,01 N kalium permanganat, 6 N H2SO4, Larutan 0,01 asam oksalat, Larutan formalin 4%.
Ada 2 metode yang digunakan untuk melakukan praktikum kali ini yaitu plotless dan plot. Untuk metode plotless adalah metode mencari gastropoda atau makrobentos tanpa menggunakan plot. Untuk metode plot yakni metode untuk mencari gastropoda dan makrobentos dengan bantuan plot.
Setelah melakukan pengukuran menggunakan 2 metode diatas, ada juga beberapa rumus perhitungan untuk mendapatkan hasil dari data yang telah di dapatkan. Untuk melakukan perhitungan data densitas gastropoda digunakan rumus , , , . Rumus – rumus tersebut digunakan untuk melakukan perhitungan data kerapatan (densitas) dari gastropoda. Ada pun keterangan dari notasi – notasi pada rumus tersebut yaitu S adalah jumlah titik cuplikan yang diambil, D merupakan estimasi densitas gastropoda, X adalah Jarak terdekat gastropoda dengan titik yang ditentukan secara acak dan Y merupakan luas area kajian. Untuk parameter kandungan bahan organik rumusnya berbunyi . Yang mana a adalah volume titran

SEBELUMNYA                              SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment