Jurnal Laporan Praktikum Ekologi Perairan Acara ESTIMASI POPULASI GASTROPODA DAN MAKROBENTOS



 
Lee et.al, (1978) mengemukakan bahwa untuk memprediksi atau memperkirakan tingkat pencemaran air, dapat dianalisa berdasarkan indeks keanekaragaman hewan makrobenthos maupun berdasarkan sifat fisika - kimia. Terlihat pada grafik bahwa keberadaan gastropoda terbanyak ada di stasiun tiga. Padahal stasiun satu sangat rendah dan langsung meningkat drastis pada stasiun dua dan berada di puncak untuk stasiun tiga. Hal ini terjadi karena pada saat praktikum dilaksanakan musim hujan sedang berlangsung. Hal ini menyebabkan gastropoda yang sebelumnya di hulu dan tengah hanyut terbawa derasnya arus air menuju stasiun tiga yang berada di hilir. Ini dapat dilihat pada tabel kecepatan arus. Terlihat bahwa arus pada stasiun satu sangat tinggi sehingga menghanyutkan sebagian gastropoda. Ditambah pada saat pelaksanaan praktikum musim hujan sedang berlangsung, sehingga air naik dan arus meningkat deras yang dapat menghanyutkan gastropoda. Selain itu, parameter kimia juga mempengaruhi kerapatan gastropoda pada stasiun tiga. sehingga stasiun terbaik untuk kepadatan gastropoda berada di stasiun tiga.

KESIMPULAN
Dalam melakukan perhitungan gastrpoda tanpa plot harus sangat teliti dan berhati – hati. Karena salah dalam melakukan pendataan akan menyebabkan data yang sebenarnya berubah atau bahkan salah. Mencari gastropoda yang ada disekitar tongkat menjadi tumpuan untuk mendapatkan angka yang spesifik dari keberadaan gastropoda.
Hubungan antara tolokukur lingkungan dengan gastropoda dan makrobentos menjadi penentu untuk keberlangsungan hidup gastropoda dan makrobentos. Keberlangsungan hidup gastropoda dan makrobentos ini dapat menjadi penentu sebuah perairan tercemar atau tidak. Karena gastropoda hanya menghuni lingkungan yang penuh dengan substran dan dedritus yang baik. Jika lingkungan tercemar, maka keanekaragaman gastropoda dan makrobentos juga menurun.
DAFTAR PUSTAKA
download

SEBELUMNYA                             AWAL

No comments:

Post a Comment