.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Klasifikasi dan Deskripsi Ikan Manyung

Sumber: fredikurniawan.com
Tafshare.com - Sebelumnya kita telah mengenal Klasifikasi dan Deskripsi Tuna Sirip Biru Selatan (SOUTHERN BLUEFIN TUNA). Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut yang biasa digunakan sebagai olahan ikan asin. Ikan manyung juga dikenal dengan nama ikan jambal roti. Ikan ini masuk kedalam keluarga Ariidae dengan ordo silurformes.

Ada sekitar 9 jenis dan famili dari Ariidae yang dikenal sebagai ikan manyung berdasarkan pengamatan dan penelitian darai Merceniuk & Menesez (2007), antaranya yaitu :
  • Plicofllis crossocheilos
  • Plicoffllis argyrpluron
  • Plicoffllis nella
  • Sciades sagor
  • Cryptarius trunccatus
  • Arius maculatus
  • Arius oetuk
  • Arius microcphalus
  • Netuma thalassinus
  • Arius caelatus
  • Arius vanosus
  • Thalassinus
Ikan manyung ini juga memiliki klasifikasi dan morfologi berdasarkan tingkat taksonominya.

Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Siluriformes
Super famili : Ariodea
Famili : Ariidae
Genus : Amissiden, Amphiarus, Arius, Bagre, Ariopsis, dan lainnya

Untuk spesies secara umum dapat menambahkan sp. pada akhir kata genus. Contoh Amissiden sp.. Biasanya ini menunjukkan bahwa spesies masih dalam penelitian untuk memberikan nomenklatur atau jumlah ragam spesies yang sangat banyak.

Deskripsi
Tafshare.com
Ikan manyung biasanya banyak ditemukan diperairan estuari dan laut. Pada umumnya, ikan ini dapat hidup pada dua habibat yaitu pada air tawar dan perairan laut lepas. Ikan ini termasuk kelompok ikan demersal besar dengan bentuk badan memanjang, kepala gepeng (picak), bersungut tiga pasang yaitu dua pasang rahang bagian bawah dan satu pasang rahang bagian atas.

Ikan ini memiliki ciri utama yang terdapat pada sirip belakang dengan tambahan sirip berupa lemak yang terletak dibelakang sirip dorsal dan tidak saling berhubungan. Pada bagian sirip dada, punggung, dan dubur masing – masing berjari keras satu dan mengandung racun atau bisa.

Ikan mayung memiliki warna abu – abu keputihan, memiliki perut besar pada jantan dan betina dengan ukuran 250 – 7000 mm dan panjang 1500 mm. Berat ikan ini berkisar antara 190 – 4500 gram pada panjang 195-580 mm dan 553 – 5000 gram pada panjang 20 -600 mm.
 
Sumber: fredikurniawan.com
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net