.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Klasifikasi dan Deskripsi Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)

Tafshare.com - Setelah kita mengenal Macam - macam Tingkatan Perikanan, kali kita akan mencoba mengkaji langsung pada jenis ikan. Ikan yang akan kita bahas kali ini ialah Tuna Mata Besar atau nama ilmiahnya Thunnus obesus. Ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang paling digemari oleh pecinta ikan dan pecinta seafood. Harga yang tinggi, kualitas gizi yang baik dan rasa daging yang enak membuat ikan ini menjadi buruan utama di perairan samudera bagi para pecinta ikan dan seafood.

Klasifikasi
Klasifikasi Tuna Mata Besar menurut Saanin (1986) adalah sebagai berikut: 

Filum : Chordata 
Subfilum  : Vertebrata
Kelas:  Pisces
Subkelas:  Teleostei
Ordo:  Percomorphi
Subordo:  Scombroidea
Family:  Scombridae
Genus:  Thunnus
Spesies:  Thunnus obesus

Deskripsi 
Ukuran tubuh tuna mata besar dapat mencapai ukuran raksasa untuk kelas ikan tangkapan. Umur hidupnya dapat mencapai 7 tahun dengan panjang tubuh 240cm dan berat 197,2 Kg. Bagian finlet - finletnya juga berwarna kuning terang, sedangkan pinggir - pinggirnya berwarna hitam. Kemudian pada sirip dubur dan sirip punggung berwarna kunin. Garis sisi pada tuna mata besar seperti sabuk yang bewarna biru metalik membujur sepanjang badan (Itano, 2005).

Masa pemijahan tuna mata besar diyakini sepanjang tahun di daerah tropis (10derajat LU hingga 10derajat LS) dan selama bulan musim panas di lintang tinggi. Pemijahan ikan tuna ini berlangsung di sepanjang tahun dan biasanya berada di wilayah utara Australia (Miyabe, 1994 dalam Faizah 2010). Sementara itu Nootmorn (2004) mengatakan bahwa aktivitas pemijahan tuna mata besar yaitu dari bulan Desember hingga bulan Januari dan bulan Juni. Ukuran yang matang untuk betina dan jantan diperkirakan pada panjang berturut-turut 88.08 cm dan 86.85 cm.
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net