.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Macam - macam Tingkatan Perikanan



Tafshare.com – Setelah mengenal Apa itu Perikanan, tugas kita selanjutnya adalah mengenal ragam perikanan. Ragam perikanan merupakan bentuk ukuran dari tingkatan – tingkatan skala perikanan. Mengenal ragam perikanan dapat menjadi acuan untuk membuat sebuah regulasi, proporsi wilayah penangkapan dan pengaturan produksi perikanan. Skala tingkatan perikanan yakni besar kecilnya pengelolaan terhadap sumber daya perikanan dan tujuan pengelolaanya. Ragam perikanan meliputi perikanan subsisten, perikanan skala kecil dan perikanan skala besar.

1. Perikanan Subsisten
Perikanan subsisten adalah pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan untuk kebutuhan hidup sehari – hari baik dengan cara penangkapan maupun budidaya. Biasanya perikanan subsisten berkembang di desa perikanan. Wilayah – wilayah pesisir pantai mayoritas masih subsisten dan lebih sedikit lagi perikanan skala kecil. Ini terjadi karena biasanya wilayah pesisir masih sulit aksesnya, miskin, minim fasilitas dan tidak adanya kepedulian terhadap sumberdaya perikanan. Ini menjadi tugas kita semua untuk memakmurkan desa perikanan.

2. Perikanan Skala Kecil
Perikanan skala kecil adalah pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan yang ditujukan untuk bisnis (dalam skala kecil) dan sebagian lainnya untuk kebutuhan sehari – hari. Perikanan skala kecil tumbuh berkembang di wilayah pesisir pantai dan desa perikanan. Sedikit sekali yang menjadi nelayan perikanan skala kecil. Ini terjadi karena fasilitas dan keahlian yang tidak dimiliki setiap warga perikanan.

3. Perikanan Skala Besar
Perikanan skala besar adalah pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan yang dikhususkan untuk bisnis besar, impor dan ekspor baik dalam keadaan mentah maupun matang yang dikelola dengan fasilitas memadai dan daya yang besar. Perikanan ini berkembang sangat cepat dalam ukuran sedikit. Jadi, orang – orang yang mengembangkan perikanan skala besar sangat sedikit, tapi perkembangan fasilitas pendukungnya sangat cepat. Sehingga menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, seperti penangkap ikan, pengemudi kapal, fishing master, pengontrol produksi dan sebagainya yang terkait dengan praproduksi hingga produksi perikanan dalam skala besar.

Skala perikanan ini merupakan pembagian yang penting untuk menentukan regulasi penangkapan ikan dan produksi perikanan. Ini dilakukan agar tidak terjadi over fishing. Jika over fishing terjadi, maka perkembang biakan perikanan dapat menurun dan akhirnya punah. Karena itulah, pertumbuhan pengelolaan sumberdaya ikan juga harus di barengi dengan konservasi sumberdaya perikanan.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com