.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Pengertian Ikan dan Perikanan




Tafshare.com – Selamat pagi teman – teman semua. Pada pembahasan sebelumnya kita telah sampai pada  10 Macam Barang Teraneh yang Diperjual-belikan di Toko Online, eBay. Kali ini dan seterusnya saya akan menulis artikel berkaitan dengan keilmuan yang saya dalami yakni perikanan. Pembahasan pertama yang menjadi pondasi awal bagi kita untuk mengenal perikanan adalah pengertian dari apa itu perikanan dan apa pengertian ikan. Sehingga ketika kita sudah memahami definisinya kita dapat memahami konteks pembahasan dan fokusannya.

Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. (UU Nomor 45 Tahun 2009 Tentang Perubahan Atas Undang - undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan). Dari pengertian diatas kita dapat mengambil beberapa kata kunci yaitu praproduksi, produksi, pengolahan, pemasaran dan sistem bisnis perikanan. Sehingga jika kita lihat lebih dalam, sektor perikanan sebanding dengan sektor pertanian bahkan lebih besar lagi.

Kemudian masih mengacu pada Undang – Undang no. 45 tahun 2009, definisi dari ikan adalah segala jenis organisme yang seluruh atau sebagian dari siklus hidupnya berada di dalam lingkungan perairan. Sehingga menurut undang – undang diatas dapat kita artikan bahwa apapun yang hidup baik seluruhnya ataupun sebagian kecil hidupnya di air adalah ikan. Jadi, ikan tidak hanya hewan bersirip, bersisik dan bernafas dengan insang saja. Dengan begitu kuda laut, rumput laut, udang, lobster dan hewan air yang belum disebutkan (kecuali yang telah dikelompokan seperti reptil, mamalia, serangga dsj) termasuk dalam pembahasan ikan dan dunia perikanan khususnya terkait keilmuannya.

Definisi – definisi diatas yang akan menjadi acuan pembahasan lebih dalam didalam dunia perikanan. Lebih mengerucut pada praproduksi seperti penangkapan ikan atau produksi seperti budidaya, pengolahan hasil perikanan dan pemasaran yang kemudian keseluruhannya diatur dalam bisnis perikanan. Karena itu pula, perikanan termasuk dalam sektor wirausaha yang cukup besar. Selain kawasan yang mendukung untuk pengembangan perikanan, laut yang luas, perairan yang beragam, hasilnya pun sangat variatif dan masih banyak yang harus di explore di negeri kita, Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com