.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Fakta Unik Ikan Mola - Mola

Mola-mola, ikan raksasa yang bersahabat dengan para penyelam. Foto: Miguel Pereira. Screenshot via ViralHog/YouTube
Tafshare.com - Sebelumnya kita sudah menyaksikan video Mola - mola, Ikan Raksasa yang Lucu dan Menggemaskan. Kali ini kita akan membahas keunikan dari ikan mola - mola. Nampak terlihat menakutkan jika kita belum mengenal suasana laut, terlebih jika berenang. Mugkin tidak begitu menakutkankan, tapi jika kita bertemu dengan ikan raksasa seperti ini apa yang terbesit dibenak kita?. Karena itu sebaiknya kita semakin mengenal misteri lautan terutama penghuninya.

Sun Fish
Mola-mola biasa disebut Sunfish diambil dari Bahasa Latin “millstone” yang artinya batu gerinda. Julukan ini diberikan karena bentuk tubuhnya yang menyerupai batu dengan warna abu-abu. Teksturnya kasar dan bentuk badannya bulat.

Alergi Dingin
Wajar jika hidupnya didarat dan alergi dingin. Tapi, ternyata ada juga yang hidup di tempat sumbernya dingin malah alergi dingin. Ya, mola - mola memang alergi dengan suhu dingin. Itulah mengapa ia di beri nama Sunfish yang berarti ikan matahari.Nama ini diberikan karena kegemarannya berjemur. Caranya, ia naik ke permukaan air laut yang tidak terlalu dalam dan berjemur sembari tiduran setelah menyelam hingga kedalaman 600 meter.

Ikan Bertulang Terberat di Dunia
Mola-mola merupakan ikan bertulang terberat di dunia yang rata-rata beratnya 2,2 ton, bahkan pernah tercatat hingga 5,1 ton. Wooowww, super berat untuk ukuran ikan bertulang ini. Panjangnya sekitar 3-4 meter.

Tidak Memiliki Sirip Ekor
Tidak seperti kebanyakan ikan, mola-mola justru tidak mempunyai sirip ekor. Tapi, ia memiliki sirip menyambung dari atas sampai ke bagian bawah perut yang disebut calvus. Jika umumnya sirip ikan berada di kiri dan kanan tubuhnya, sirip mola-mola berada di atas dan bawah. Nah, saat muncul ke permukaan laut, sirip atasnya ini sering dianggap sebagai sirip hiu. Padahal bukan. Pastinya, sirip tersebut sangat mendukung bentuk badannya yang bulat dan pipih.

Tidak Berbahaya
Dibalik ukuran tubuhnya yang super jumbo dan terlihat menyeramkan, ternyata mola-mola bukanlah ikan yang berbahaya. Mola - mola sering mendekati manusia yang sedang menyelam dengan gerakannya yang tenang dan lenggak-lenggok seperti model. Bukan untuk menakuti apalagi mmangsa, tetapi hanya ingin bersahabat berenang berdampingan.

Makanannya Kecil
Besar tubuh ikan belum tentu ukuran makannya juga besar. Meskipun tubuh mola - mola cukup besar, ternyata makanan utamanya hanyalah ubur-ubur, kepiting, zooplankton, dan tumbuhan mikroskopis yang tidak terlihat mata kita. Mengapa demikian? Ini disesuaikan dengan ukuran mulutnya yang kecil, sehingga dari mulut itu pula mola-mola memakan dan mengeluarkan lagi makanannya berulang sebelum ditelan.

Referensi
Youtube.com
Mongabay.com 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com