KTI: Optimalisasi Arang Kayu untuk Menurunkan Kadar Kafein pada Kopi



Kopi yang masih murni atau belum di campur dengan arang akan menimbulkan efek yang bisa membahaykan tubuh, Para peneliti meyakini bahwa meminum kopi yang berkafein dapat menyebabkan pengerasan dinding arteri yang mengganggu kinerja jantung kita.
Pada pembahasan berikut akan kita jelaskan dampak dari penggunaan arang pada kopi setelah kita melakukan penelitian pada hal tersebut.

A.      Dampak penggunaan arang aktif pada kopi
Setelah kami teliti pada pembahasan di atas, berikut kami akan merincikan dampak atau gejala yang di timbulkan pada penggunaan arang pada minuman kopi:

1.  Tidak mudah emosi
Kafein yang terdapat pada kopi bisa membuat kita mudah emosi dikarenakan Kafein, memiliki kemampuan untuk larut dalam darah seperti halnya nikotin dan alkohol, yang bisa terbawa ke otak sehingga mempengaruhi pikiran dan menimbulkan kecanduan orang-orang yang banyak mengkonsumsi kafein.  Sehingga apabila kita mengkonsumsi kopi yang di campurkan dengan arang, hal ini bisa kita minimalisir karena arang bisa menyerap kafein.

2. Meminimalisir gangguan Mental
Kopi yang mengandung kafein dapat merusak mental karena kafein mempengaruhi otak. Gangguan pada otak itulah yang dapat mempengaruhi mental pada pecandu kafein. Sebuah penelitian yang dilansir The Caffeine Web menyebutkan beberapa ahli psikiatri, ahli penyakit alergi dan zat beracun–toksikologi, menengarai zat kafein sangat potensial menimbulkan gejala penyakit mental. 80% populasi masyarakat dunia mengkonsumsi kafein, dan 25% di antaranya didiagnosis mengalami gangguan mental. Maka arang dapat meminimalisir hal tersebut dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan kafein yang terdapat pada kopi, terutama kopi murni.

3. Meminimalisir Rasa Gelisah
Peminum kopi berat akan mengalami kekhawatiran kronis, gelisah, dan lekas marah, ini masih berkaitan dengan pembahasan diatas tadi. Hal ini dikarenakan kafein mempengaruhi kinerja jantung yang bisa bekerja lebih cepat dari biasanya. Sehingga seseorang pecandu kopi berkafein tinggi memiliki rasa geliah teramat sangat dan cepat marah karena pengaruh kafein. Dosis kopi sangat besar atau setara dengan sepuluh cangkir kopi kental yang diminum berturut-turut, menghasilkan efek beracun, yaitu muntah, demam, kedinginan, dan mengalami kebingungan mental. Arang pada kopi dapat mengurangi kafein yang dapat menimbulkan hal tersebut diatas, dengan cara menyerap kafein sehingga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan.

SEBELUMNYA          SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment