KTI: Optimalisasi Arang Kayu untuk Menurunkan Kadar Kafein pada Kopi


BAB II
KAJIAN TEORI
A. Arang
Apakah yang sebenarnya dimaksud dengan arang? Apakah hanya karena warnanya yang hitam itu? Atau, arang hanyalah kayu yang dibakar saja? Pada awalnya, arang dibuat dari sisa-sisa atau limbah kayu yang tidak berguna, karena jika tidak segera digunakan maka limbah kayu tersebut menjadi busuk dan mencemari pabrik, maka dibakarlah limbah kayu-kayu tersebut untuk disimpan dan digunakan pada waktu selanjutnya. Pada saat itulah arang pertama kali dibuat.
Secara umum, Arang, merupakan suatu benda padat berpori yang mengandung 85-95% karbon, sisanya adalah abu atau benda kimia lainnya. Arang dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon dengan pemanasan pada suhu tinggi. Arang umumnya didapatkan dengan memanaskan kayu, gula, tulang, dan benda lain. Ketika pemanasan berlangsung, diusahakan agar tidak terjadi kebocoran udara didalam ruang pemanasan sehingga bahan yang mengandung karbon tersebut hanya terkarbonisasi dan tidak teroksidasi. Dalam artian zat karbonnya tidak terkotori oleh udara atau O2. Arang selain digunakan sebagai bahan bakar, juga dapat digunakan sebagai adsorben (penyerap).
Apasajakah yang diserap oleh arang? Biasanya arang menyerap kandungan-kandungan tertentu di dalam suatu zat cair. Kalian pernah melihat Ayah kalian membersihkan air kotor? Air itu, oleh Ayah akan diberinya arang, agar sejumlah kotoran dan racun dapat ditawarkan oleh karbon yang terkandung dalam arang. Nah,daya serap arang itu ditentukan oleh luas permukaan bahan penyerapnya yaitu arang itu sendiri, Kemampuan ini dapat menjadi lebih tinggi jika terhadap arang tersebut diaktifkan atau diaktivasi. Aktifasi yaitu sebuah proses untuk memperkuat daya serap dan daya penggubah dari arang, caranya dengan memberi bahan-bahan kimia tertentu ataupun dengan pemanasan pada temperatur atau suhu tinggi. Jadi harus panas sekali. Dengan demikian, arang akan mengalami perubahan sifatsifat fisik dan kimianya. Perubahan fisika adalah perubahan bentuknya, sedangkan kalau perubahan kimia adalah perubahan unsur-unsur pembangun atau pembentuknya. Arang yang demikian disebut sebagai arang aktif.

SEBELUMNYA          SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment