24 Agu 2016

Limnologi Dalam Batasannya


Tafshare – Sebelumnya kita telah mempelajari Pengantar Ilmu Limnologi: Definisi Limnologi. Setelah kita mengerti apa itu limnologi, kita telah memiliki pondasi untuk belajar lebih dalam mengenai limnologi. Limnologi juga dapat di sebut dengan Inland water. Inland water merupakan perairan daratan yang meliputi sungai, danau hingga batasan sungai dan laut. Pengertian ini menjelaskan pada kita jika ilmu limnologi memiliki cakupan yang cukup luas.

Perkembangan ilmu limnologi sangatlah pesat. Sehinga dalam perkembangannya, ilmu limnologi di tujukan untuk seluruh perairan tawar. Meskipun ketika kita mengacu pada definisi secara harfiah pembahasannya di tujukan pada danau, akan tetapi dalam mempelajari dan mengamalkannya di tujukan untuk seluruh perairan tawar.

Inland water dibagi menjadi dua lingkungan yaitu lotic environment (running-water series) dan lentic environment (standing-waters series). Lotic environment adalah air yang mengalir secara kontinyu dan menuju pada arah tertentu. Lentic environmentadalah air yang tetap pada kondisinya, diam, tenang atau tidak mengalir sama sekali.

Contoh dari lotic environment: brook -> creek -> river (parit -> anak sungai -> sungai)
Contoh dari lentic environment: lake -> ponds -> swamps [danau -> kolam -> rawa]

SUMBER: Kuliah Dr. Ir. Bambang Triyatmo, M.P pada 16 Agustus 16
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: