.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Manfaat Laut dan Isinya untuk Kehidupan

Sumber: Anneahira.com
Tafshare.com - Sudah sejak zaman dahulu laut menjadi sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia. Air melimpah menjadi kebutuhan manusia. Media yang cocok dan menyediakan kehidupan untuk dimanfaatkan oleh manusia sejak berabad - abad lamanya. Pada saat yang sama, aktifitas manusia telah merubah kehidupan di laut. Adanya pengambilan berlebih (over), pengambilan dengan cara yang tidak ramah lingkungan, kegiatan di darat yang menyebabkan erosi di pantai dan polusi mengancam kehidupan dan habitat tempat hidup organisme di laut. Kita perlu menjaga agar laut tetap berada pada kondisi seimbang karena manusia akan terus bergantung dari laut, jika kita ingin tetap bertahan sebagai spesies. Laut menyimpan banyak manfaat untuk kita.

Perikanan Tangkap
FAO menyajikan perkiraan bahwa ikan menyediakan sekitar 20% kebutuhan protein bagi 50% penduduk dunia. Permintaan atau kebutuhan akan terus meningkat dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia. Permintaan atau demand yang mendesak telah memaksa pengambilan ikan dari laut secara berlebihan, melebihi kemampuan alami ikan untuk memulihkan populasi. Sebagian kebutuhan ikan, saat ini dipenuhi dari budidaya (aquaculture), baik yang dilakukan di darat, wilayah pasang surut (tambak) maupun budidaya laut. Permintaan yang mendesak, memaksa budidaya untuk melakukan intensifikasi (melalui teknologi) maupun ekstensifikasi dengan memperluas area budidaya.

Sumber Mineral
Laut mengandung sumber mineral yang penting bagi manusia – sebanyak 73 jenis dari 93 mineral alam yang ada di laut sudah diketahui pada konsentrasi yang bisa diukur. Natrium chlorida, magnesium dan bromine ialah tiga komponen mineral yang umum diekstraksi dari laut. Laut mengandung iodium (iodine) dan merupakan komponen esensial bagi kehidupan manusia. Iodium, tersedia atau terakumulasi pada tumbuhan rumput laut (seaweed), selanjutnya secara mudah bisa diekstraksi oleh manusia. Kebutuhan kita akan iodium juga bisa didapat dari garam alami laut.

Intinya hanya ada 2 seperti tersebut di atas. Tapi jika dijabarkan lagi maka akan sangat banyak manfaat laut dan isinya. Karena kekayaan sumber daya yang tersimpan di laut akan terus terdaur ulang dan siklus ini tidak akan berhenti.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com