.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Pengantar Ilmu Limnologi: Definisi Limnologi



Sumber: hsaidbenmar.blogspot.com
Tafshare – Setelah kita membahas materi mengenai Hiu Ini Dimakan oleh Ikan Aneh. Kali ini kita akan mempelajari sebuah ilmu baru yaitu Limnologi. Dalam dunia perikanan, ada 2 program studi yang memiliki kewajiban besar untuk mempelajari ilmu Limnologi. Sebelum masuk kedalam materi lebih jauh, terlebih dahulu kita mengetahi arti dari Limnologi.

Limnologi berasal dari dua kata yaitu Limno dan Logy. Limno memiliki arti danau dan logy berarti ilmu. Sehingga limnologi secara harfiah berarti ilmu danau. Secara istilah limnologi berarti Cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang produktifitas dan semua faktor – faktor yang mempengaruhinya (Welch, 1952). Secara historis ilmu limnologi terbatas pada pembahasan lake. Sehingga dalam pokok bahasannya adalah danau.

Limnologi memiliki faktor – faktor penentu yang saling terkait. Faktor tersebut berupa fisika, kimia dan biologi. Faktor – faktor tersebut merupakan indikator utama ilmu limnologi. Indikator tersebut digunakan untuk menguji seberapa bagus kualitas air di suatu daerah.

Ilmu limnologi juga berkaitan dengan ilmu rheology. Ilmu rheology adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai perairan mengalir (running water). Sebenarnya bahasan Limnologi tidak jauh berbeda dengan ekologi perairan.

SUMBER:
Kuliah Prof. Dr. Ir. Rustadi, M.Sc pada 9 Agustus 2016
Welch, P.S. 1952.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com