.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Step Kehidupan Menurut Teori Evolusi

Teori evolusi darwin. Sumber: ldfpermadanifpikunpad.blogspot.com
Tafshare.com - Setelah mengkaji Pembagian Wilayah (Zona) di Laut. Kita sedikit mundur untuk memahami awal kehidupan di bumi. Kita mengacu pada teori evolusi baik klasik maupun modern. Dengan mengkaji teori evolusi, kita akan mengetahui kebenaran dari awal kehidupan di bumi ini.

Telah diduga planet bumi mulai terbentuk kira-kira 4,6 miliar tahun yang lalu. Semenjak 3,5 miliar tahun yang lalu, bumi mulai diisi oleh berbagai bentuk kehidupan. Sekitar 3 miliar tahun yang lalu, mahkluk yang tinggal di laut mendominasi kehidupan di bumi. Sejak 500 juta tahun yang lalu, kehidupan di darat (terestrial) mulai berkembang dengan pesat. Jika kita tulis runtutan awal kehidupan di bumi, maka step awal dari tahun ke tahun akan nampak terlihat. Berikut rinciannya

3,5 – 4,0 miliar tahun yang lalu: evolusi kimiawi selama periode ini menyusun berbagai bahan yang dibutuhkan untuk kehidupan, seperti protein, polysaccharida (gula kompleks) dan asam nukleat (DNA dan RNA). Bentuk pertama kehidupan di bumi diduga dimulai dari sejenis bakteri yang berkembang karena pengaruh gas oksigen.

2,0 – 2,5 miliar tahun yang lalu: mulai terjadi proses photosyntesis, sebuah kemampuan mahkluk hidup untuk menyusun bahan organik dari energi sinar matahari. Sebagai hasil samping proses photosyntesis, mahkluk hidup menghasilkan atau mengeluarkan oksigen. Sejak 2,0 miliar tahun yang lalu, oksigen mulai terakumulasi pada atmosphere.

0,8 – 1,0 miliar tahun yang lalu: mulai berkembang mahkluk eukaryot (sel kompleks yang mengandung sebuah nucleus dan organel yang terikat pada membran. Penyelidikan fosil menunjukkan bahwa organisme multi-sel mulai berkembang sejak 850 juta tahun yang lalu.

500 – 600 juta tahun yang lalu: lapisan ozon mulai menyelimuti bumi dan bumi menjadi lebih dingin. Kondisi ini menyebabkan berkembangnya diversivikasi kehidupan. Sejak 500 juta tahun yang lalu berbagai bentuk makhluk hidup di laut mulai berkembang.

Sejak 500 juta tahun lalu: lapisan oksigen pada atmosphere membentuk lapisan ozon yang cukup dan kuat dan menyerap sebagian besar sinar ultra-violet. Kondisi ini mendorong berkembangnya berbagai bentuk kehidupan di darat. Alga, avertebrata (hewan non-tulang belakang), kemudian vertebrata (hewan bertulang belakang) mulai menempati daratan. Antara 65 – 500 juta tahun lalu, terjadi beberapa kali kepunahan mahkluk hidup, sebelum kehidupan modern mulai berkembang. Dipercaya proses kehidupan modern dimulai sejak 500juta tahun yang lalu. Pada saat itu kehidupan mulai berkembang dan semakin maju.

Referensi
Jurnal Ub.ac.id 
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net