.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Mengenal Istilah - Istilah dalam Perikanan

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai perikanan dan seisinya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu istilah - istilah yang di gunakan dalam perikanan. Karena nantinya istilah - istilah ini akan banyak digunakan dalam memaparkan sebuah penjelasan terkait perikanan. Istilah - istilah ini juga yang akan memudahkan kita untuk memahami perikanan lebih efektif dan efisien. Istilah yang digunakan ini sudah standar Internasional, sehingga seluruhnya sama dan tidak ada perselisihan mengenai penyebutan istilah - istilah tersebut. Berikut ini istilah - istilah dalam perikanan yang wajib kita ketahui:

Fishing adalah usaha melakukan penangkapan atau pengumpulan ikan dan biota air lainnya yang mempunyai manfaat atau nilai ekonomi.

Fishing day adalah jumlah hari yang dipakai pada operasi penangkapan ikan.


Fishing operation adalah operasi penangkapan ikan.

Fishing ground adalah merupakan daerah / area dimana populasi dari suatu organisme dapat dimanfaatkan sebagai penghasil perikanan

Fishing master adalah orang - orang yang ahli / berpengalaman dalam melakukan pencarian fishing ground dan melakukan penangkapan ikan

Trip duration adalah lama waktu (hari) sejak saat muat dan hingga bongkar termasuk lama waktu pelayaran ke dan dari fishing ground.

Actual fishing day adalah jumlah hari usaha penangkapan yang benar - benar dilakukan, tidak termasuk waktu yang dibutuhkan untuk mencari fishing ground.


Fishing trip adalah jumlah pelayaran untuk tujuan penangkapan dalam satu satuan waktu (bulan, tahun).

Fishing technique adalah teknik untuk melakukan usaha penangkapan ikan dengan kapal, alat dan cara tertentu.

Fishing method adalah kebiasaan, cara, metode yang dipergunakan sehingga ikan dapat tertangkap.

Fishing gear adalah alat-alat dan perlengkapan yang dipergunakan untuk tujuan fishing.

Fishing boat adalah kapal-kapal yang dipergunakan untuk tujuan usaha melakukan penangkapan ataupun pengumpulan ikan.

Fishing tactics adalah cara mengoperasikan alat tangkap ikan, cara menemukan fishing ground dan cara memanfaatkan tingkah laku ikan untuk menaikkan efektifitas dan efisiensi usaha penangkapan ikan

  • Total allowable catch (TAC) : jumlah tangkapan yang diperbolehkan (JTB). 
  • Maximum sustainable yield (MSY) : jumlah maksimum yang boleh di tangkap Catch per unit effort (CPUE) : jumlah tangkapan per unit upaya.
  • Hook rate: Jumlah reratamata pancing yang menghasilkan tangkapan ikan.
Istilah - istilah tersebut hendaknya dapat diketahui, dipelajari, dimengerti dan dipahami dengan baik. Pemahaman mengenai penggunaan istilah - istilah tersebut akan memudahkan kita dalam memahami perikanan lebih jauh dan dalam. Karena kedepannya akan banyak penjelasan yang menggunakan istilah istilah tersebut, sehingga jika kita belum mengetahui sebelumnya akan sulit memahami dan kurang efektif dalam mendalami perikanan.

Sumber:
Kuliah Dasar - dasar Penangkapan Ikan pak Ir. Djumanto

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com