.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Nama Lokal dan Ilmiah Spesies Ikan Manyung Beserta Penemu dan Deskripsinya

Sumber: http://fredikurniawan.com
Tafshare.com - Sebelumnya kita telah mengenal Klasifikasi dan Deskripsi Ikan Manyung. Pada pembahasan tersebut di bagian klasifikasi kolom spesies tidak ada. Bukan berarti ikan manyung masih belum di kenal spesiesnya, tapi karena spesies ikan manyung cukup banyak. Tidak seperti pada Klasifikasi ikan Tuna yang memiliki ragam cukup sedikit sehingga dapat dijelaskan satu - satu agar lebih terperinci. Selain itu juga perbedaan antar spesies pada ikan manyung tidak begitu signifikan, sehingga dapat dijelaskan lebih singkat. Berikut beberapa diantara banyaknya ikan manyung yang tersebar di Indonesia beserta penjelasannya.

Baca Juga: Alasan Menunda atau Lama Dapat Kerjaan Setelah Wisuda

1. Arius argyropleuron (Valenciennes, 1840)
Nama Lokal: Manyong
Keterangan: Perikanan subsisten, ukuran < 46 cm; termasuk ikan demersal; dasar berlumpur; ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa; alat tangkap dan nilai ekonomis spesies belum lengkap.

2. Arius arius (Hamilton, 1822)
Nama Lokal: Threadfin sea, catfish
Keterangan: Komersial, ukuran umum 15 cm; hidup di dasar; habitat Muara Sungai; tertangkap dengan Perangkap dan Pancing; tercatat ditemukan di daerah Sumatera

3. Arius bilineatus (Valenciennes, 1840)
Nama Lokal: Bronze catfish
Keterangan: Informasi perikanan masih terbatas namun termasuk jenis yang dikonsumsi nelayan, ukuran umum < 60 cm; Tercatat ditemukan di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

Baca Juga: Mengenal Istilah - Istilah dalam Perikanan

4. Arius bleekeri (Popta, 1900)
Nama Lokal: Bleeker's catfish
Keterangan: Informasi spesies belum lengkap; diduga terdapat di Indonesia.

5. Arius caelatus (Valenciennes, 1840)
Nama Lokal: Duri kerak
Keterangan: Komersial, ukuran 24 cm;tertangkap dengan Pukat, Perangkap dan Pancing; menyebar dari Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

6. Arius crossocheilos (Bleeker, 1846)
Nama Lokal: Manyung utik
Keterangan: Termasuk spesies komersial; habitat Pantai; namun tidak sampai masuk Estuari; penyebaran dari Bali sampai Laut 95 Karakteristik perikanan laut Indonesia: jenis ikan Timor.

Baca Juga: Definisi - definisi dalam Perikanan

7. Arius dioctes (Kailola, 2000)
Keterangan: Informasi tentang spesies belum lengkap; mencapai ukuran 100 cm; tercatat ditemukan di daerah Pantai dan hutan Bakau di sekitar Papua.

AKHIR                SELANJUTNYA

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com