.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Potensi Besar Perikanan Indonesia

Sumber: indonesianindustry.com
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia. Menjadi salah satu negara terbesar dengan luas laut terluas di dunia. Panjang garis pantai negara Indonesia mencapai 95.000 Km persegi. Menurut World Resources Institute (1998), Panjang pantai Indonesia mencapai 95.181 km dengan luas wilayah laut 5,4 juta km persegi, mendominasi total luas teritorial Indonesia sebesar 7,1 juta km persegi. Potensi tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara yang dengan sumber daya kelautan yang besar termasuk kekayaan keanekaragaman hayati dan non hayati kelautan terbesar di dunia. Sementara total luas perairan di Indonesia mencapai 3,1 juta kilometer persegi.
sementara luas perairan 3,1 juta kilometer persegi

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/agungharyoyudanto/wilayah-perairan-indonesia_550020b9813311c91dfa7166

Dengan besarnya luas perairan tersebut, potensi terbesar negara indonesia ialah Sumberdaya Perikanan (SDI) dan selainnya yang bergantung dengan air. Untuk sumberdaya perikanan Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Pemanfaatan sumberdaya perikanan meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya dan perikanan hias (wisata, koleksi, rekreasi, dan sejenisnya).

1. Potensi Perikanan Tangkap
Di kutip dari laman Setkab.go.id, Potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia sebesar 6,5 juta ton per tahun yang tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama Indonesia. Dari seluruh potensi sumber daya tersebut, guna menjaga keberlanjutan stok ikan jumlah tangkapan yang diperbolehkan (JTB) sebesar 5,12 juta ton per tahun.

Di kutip dari laman dari laman Liputan6.com yang disampaikan oleh Ketua Umum Aspitindo Tribuana, beliau mengatakan bahwa "Indonesia memiliki potensi ikan tangkap mencapai 130 juta ton atau setara dengan Rp 2.500 triliun hingga Rp 3.000 triliun per tahun. Namun sayangnya pemerintah hanya mampu memanfaatkan potensi tersebut sebesar 5,9 juta ton atau senilai Rp 90 triliun."

Potensi ini sungguh luar biasa. Dengan pemanfaatan yang baik dan manajemen yang terstruktur rapi dapat di mungkinkah bahwa Indonesia akan menjadi negara yang kaya. APBN negara akan tercukupi dan masyarakat akan lebih sejahtera.

Baca Juga: Potensi Besar Yang ada Di Dalam Laut Indonesia

2. Potensi Perikanan Budidaya
Perikanan budidaya merupakan potensi besar yang dapat di kontrol hasilnya. Perikanan budidaya terdiri dari tiga sektor yaitu budidaya Laut (Marine Culture), Buidaya Payau dan Budidaya Air Tawar (Fresh water). Untuk total estimasi hasil budidaya perikanan yang di mabil dari data KKP tahun 2012 yaitu Perikanan budidaya Laut memiliki potensi produksi sebesar 42,0 jt ton/th dengan pemanfaatan pada tahun 2011 sebesar 4,60 jt ton/th atau sekitar 10,95%. Budidaya Tambak (payau) memiliki potensi produksi sebesar 10,0 jt ton/th dengan pemanfaatan pada tahun 2011 sebesar 1,60 jt ton/th atau sekitar 16%. Budidaya Perairan Umum dan tawar (Freshwater) potensi produksinya sebesar 5,7 jt ton/th dengan pemanfaatan pada tahun 2011 sebesar 1,72 jt ton/th atau setara dengan 30,17%. Untuk budidaya freshwater saja dapat mencapai $ 6,19 milyar/th dengan pemanfaatan biasa. Bagaimana jika seluruh potensi alam tersebut kita manfaatkan dengan maksimal dan terintegrasi?. Pasti dapat teman - teman bayangkan hasilnya.

Baca Juga: Kekayaan Sumberdaya Perikanan Tangkap Laut Indonesia

3. Potensi Perikanan Hias
Dikutip dari laman Okezone.com Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenkomaritim) menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam ikan hias yang besar. Namun, hingga kini belum bisa dioptimalkan potensi ikan hias secara maksimal. Potensi ikan hias di Indonesia mencapai sebesar USD1,5 miliar.

Ikan hias tidak hanya yang ada di tawar saja namun juga telah berkembang pada ikan hias air asin. Laju perkembangan pecinta ikan hias memang sangat pesat. Tercatat pada data Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwasanya ekspor ikan hias tercatat naik 26 persen, pada setahun belakangan kinerja ekspor ikan hias mencatatkan grafik dari tahun 1996-2013 mencapai 62,46 persen. Ini menunjukan penggiat sektor ikan hias teruss berkembang dan semakin meningkat drastis.

Baca Juga: Sifat - sifat Sumberdaya Perikanan

Bagaimanakah komentar teman - teman semua akan hal ini?. Apakah saudara - saudara sekalian akan tinggal diam atau ikut mengupayakan kelestarian sumberdaya ikan dengan pemanfaatan yang optimal dan baik?. Pilihan ada di tangan saudara.

"Hidup pertanian Indonesia, Hidup Nelayan Indonesia"
JAYALAH INDONESIAKU!!!

2 comments:

  1. Memang luar biasa yah potensinya,, subhanallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah...memang negeri kita sangatlah kaya...

      Delete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com