.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Potensi Besar Yang ada Di Dalam Laut Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbsar didunia yang terdiri dari 2/3 bagiannya adalah lautan. Lautan di indonesia memiliki panjang garis pantai mencapai 95.000 km persegi. Ditambah lagi dengan luas hamparan terumbu karang sebesar 24,5 juta Ha. Selain dari panjang garis pantai dan luas terumbu karang, Negeri kita juga masih menyimpan potensi kelautan lainnya. Berikut beberapa potensi lautan Indonesia:

1. Sumberdaya Ikan (SDI)
Perikanan Kekayan indonesia
Tak dapat di pungkiri lagi bahwa lautan Indonesia memiliki sumberdaya ikan yang cukup kaya. Hal ini dapat di buktikan dari luasnya lautan Indonesia dan tingginya eksploitasi ikan di Indonesia. Setiap tahunnya Indonesia memproduksi perikanan tangkap sebesar 5 juta ton/tahun dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk total produksi perikanan setiap tahunnya mencapai 13 juta ton/tahun. Baik dari hasil penangkapan maupun budidaya. Padahal dalam perhitungan statistik Indonesia dapat memproduksi hasil perikanan mencapai 65juta ton/tahunnya. Sungguh kaya bukan negeri Indonesia tercinta kita. Akan tetapi mengapa masih banyak masyarakat kita terutama desa pesisir yang tergolong miskin?. Bukankah lautan kita cukup kaya sumberdaya?. Potensi perikanan inilah yang selayaknya terus di tingkatkan melihat besarnya potensi sumberdaya ikan yang tersedia. Agar masyarakat pesisir kita semakin sejahtera dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan laut kita.

Baca Juga: Potensi Besar Perikanan Indonesia

2. Mineral dan Pertambangan
Mineral dan pertambangan laut di IndonesiaSeperti yang dilansir di laman Lipi.go.id, dasar laut Indonesia menyimpan ribuan bahan tambang. Dimulai dari minyak, logam mulia, besi dan sejenisnya. Meskipun banyak terkandung bahan tambang dan mineral, pemanfaatan bahan tambang di Indonseia masih sangat minim dan sedikit sekali yang menyadarinya. Mirisnya lagi, kebanyakan dari bahan tambang yang ada di serahkan oleh pihak asing. Lalu, kemanakah hasil dari kekayaan negeri tercinta kita ini?

Baca Juga: Kekayaan Sumberdaya Perikanan Tangkap Laut Indonesia

3. Transportasi dan Perhubungan

transportasi laut di indonesia

Sarana transportasi dan perhubungan merupakan kebutuhan manusia. Baik sarana laut, darat bahkan udara. Di negeri kita yang tercinta sangat berpotensi untuk mengembangkan sarana ini. Luasnya lautan kita, banyaknya hamparan pulau di negeri ini mengharuskan kita berfikir kembali untuk mengembangakan sarana transportasi air. Dengan memanfaatkan transportasi air kita dapat lebih menghemat biaya dan ramah lingkungan. Meskipun memang waktu yang dibutuhkan terbilang cukup lama. Berminat untuk mengembangkannya?

Baca Juga: Sifat - sifat Sumberdaya Perikanan

4. Wisata Bahariwisata bahari indonesia, snorkling
Siapa yang tidak tertarik dengan wisata?. Pastinya semua orang menyukainya, selain untuk refrshing wisata juga dapat menjadi pendidikan alam yang luar biasa. Kekayaan laut di Indonesia menyimpan jutaan keindahan di dalamnya. Mulai dari ikan - ikan hias yang indah menawan, hamparan terumbu karang juga tumbuh bermekaran. Hampir di setiap sudut lautan Indonesia dapat di temukan keindahan bawah lautnya. Potensi ini perlu kita kembangkan lebih jauh dengan tetap menjaga kelestarian alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama desa pesisir.

Negeri kita memang sangat kaya. Selain sumberdaya laut yang menyimpan ribuan potensi kekayan, di daratan juga tersimpan juatan keindahan. Inilah Indonesia kita, inilah potensi negeri ini yang perlu kita kembangkan dan kita lestarikan demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Posted in http://www.vebma.com/wow/Potensi-Besar-Laut-Indonesia/1486

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com