.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Kelebihan Pemanfaatan Sektor Perikanan Tangkap #2


3. Membangkitkan Industri Hulu - Hilir
 
Baca Juga: Apa itu Anime?
Industri perikanan menjadi sektor terpenting di bidang pemanfaatan sumberdaya perairan. Aktifnya perikanan tangkap memberikan supply yang cukup besar bagi jalannya industri dari hulu hingga hilir. Dengan adanya komoditas ikan yang di tangkap oleh nelayan maka akan ada pembeli yang memasarkan hasil tangkapan. Dengan adanya pembeli akan ada pengolah hasil tangkapan. Dan begitu seterusnya hingga menjadi produk kemasan dan produk ekspor. Dan ini semua dapat di manfaatkan oleh orang - orang dalam negeri. Jika siklus industri hulu hingga hilir ini dapat di manfaatkan dengan baik oleh bangsa ini, bukan tidak mungkin jika sektor perikanan menjadi pondasi utama keuangan negara. Rakyat tidak akan termiskinkan.


4. Menyerap Tenaga Kerja
Baca Juga: Nama Lokal dan Ilmiah Spesies Ikan Manyung Beserta Penemu dan Deskripsinya #2
Laju industri dari hulu hingga hilir akan menjadi titik awal adanya serapan tenaga kerja. Aktifnya laju industri hulu akan membangjitkan laju hilir yang sangat pesat. Adanya kebutuhan tenaga kerja untuk melakukan pengolahan, pengelolaan, pemasaran dan pendataan akan jalannya industri menjadi kesempatan lapangan kerja bagi pribumi. Para pengangguran dapat memiliki pekerjaan yang layak dan berkelas. Sehingga lapangan kerja terus terbuka dan menyerap tenaga kerja. Ini juga dapat mengurangi maraknya keinginan kerja di luar negeri, TKI/W dan sebagainya. Sehingga masyarakat Indonesia membangun negeri dari dalam negeri untuk negeri bukan menjadi pembantu di negara lain dan menjadikan negara ini sebagai Provider pembantu dunia. Sudah saatnya negeri ini bangkit dengan memanfaatkan seluruh SDM dan SDA yang ada. Salah satunya ialah Industri perikanan.

Baca Juga: Definisi - definisi Dalam Perikanan Bagian 2
Secara garis besar industri perikanan memiliki banyak kelebihan dari pemanfaatan sisi produksinya dan pemanfaatannya. Perikanan yang merupakan sumberdaya terbarukan dengan kapasitas yang sangat besar di perairan Indonesia dapat menjadi pondasi ekonomi negara Indonesia. Pondasi inilah yang dapat menguatkan perekonomian Indonesia di samping dari sumberdaya lain ada.

SEBELUMNYA

Referensi:
Pranata Mangsa karya Suwarman Parto Suwiryo (Dinas Perikanan Yogyakarta, Dosen Perikanan UGM)

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com