.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Komoditas Penting Perikanan Tangkap Konsumsi #1

Sumber: bintangtauladan.files.wordpress.com
Indonesia sebagai negara dengan luas wilayah perairan terbesar pastinya menyimpan berbagai sumberdaya alam yang cukup melimpah. Baik sumberdaya alam konsumsi atau non konsumsi. Wilayah perairan yang cukup luas menyimpan berbagai macam kehidupan didalamnya. Karena luasnya perairan negara kita, jenis - jenis perikanan di Indonesia pun cukup beragam dan kaya akan spesies jenis ikan. Beragamnya jenis ikan menjadi keuntungan tersendiri bagi negeri ini terutama dalam masalah konsumsi ikan. Meskipun Indonesia masih rendah dalam konsumsi ikan, akan tetapi penangkapan dan aktivitas ekspor impor ikan terus berjalan karena banyaknya jenis ikan yang ditangkap.

Beragamnya jenis ikan yang ada di Indonesia menjadikan konsumsi ikan yang cukup beragam. Banyaknya pilihan membuat beberapa jenis ikan termasuk kedalam komoditas penting dan mahal untuk dicari dan menimbulkan jenis yang lainnya murah dan mudah untuk dicari. Berikut ini merupakan jenis ikan yang termasuk dalam komoditas penting perikanan tangkap ikan konsumsi di Indonesia.
Baca Juga: Pengalaman Wisata Alam yang Menakjubkan
Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares)
Ikan ini biasa disebut dengan madidihang, Yellowfin Tuna (inggris) atau albakor/albacore (Prancis & Spanyol). Ikan ini merupakan salah satu dari jenis tuna yang berukuran cukup besar. Ikan ini merupakan penghuni zona epipelagik dan  dan pengembara lautan. Lautan yang dilaluinya meliputi laut tropik dan ugahari diseluruh dunia. Madidihang ditemukan di seluruh perairan tropis dan ugahari dunia di antara garis lintang 40° LU dan 40° LS. Ikan ini merupakan komoditas nelayan yang penting karena harga jualnya yang sangat tinggi.

Harga 1kg ikan tuna sirip kuning mencapai 1,2 Juta rupiah. Bobot rata - rata yang ditangkap di lautan lepas berkisar antara 50kg - 150kg. Dalam sebuah penelitian dan literatur ukuran madidihang yang tertangkap mencapai ukuran 200kg. Meskipun ikan ini merupakan penghuni zona termoklin, 100m ke atas. Akan tetapi dalam sebuah penelitian yang dilakukan di samudera hindia, ikan ini dapat mencapat kedalaman 578 m, 982 m dan yang paling ekstrem hingga 1.160 m. Terbayang bukan dengan harga fantastis dan usaha menangkap yang cukup keras.
Baca Juga: Cara Mudah Mengunci Local Disk Komputer
Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii)
Selanjutnya ada ikan tuna sirip biru selatan. Spesies ikan ini masih saudara dengan tuna sirip kuning. Ikan tuna sirip biru selatan memiliki ukran yang lebih besar dari madidihang. Ikan ini merupakan ikan pelagis dan hidup diatas zona termoklin seperti yellowfin tuna. Tuna sirip biru selatan dapat ditemukan di belahan selatan samudra dunia antara Lintang 30°LS dan 50°LS, hingga 60°LS. Ikan ini dapat mencapai panjang 25 m (82 ft) dan berat mencapai 260 kg (570 lb), daerah sebaran ikan ini terdapat baik di perairan laut lepas ataupun sekitar pesisir. Dipasar lelang jepang satu ekor ikan Tuna jenis sirip biru (bluefin) seberat lebih dari 200kg bisa mencapai 1 Miliar/ekor bahkan bisa jauh diatasnya. Cukup fantastis bukan?

Tuna Sirip Biru Pasifik (Thunnus orientalis)
Ikan ini merupakan kerabat dekat Tuna sirip biru selatan. Spesies ini merupakan tuna sirip biru predator yang ditemukan secara luas di kawasan Samudra Pasifik utara. Akan tetapi dalam beberapa kasus, berdasarkan catatan migrasi satwa diketahui ikan ini kadang - kadang mencapai Pasifik Selatan. Ikan ini dapat mencapai ukuran panjang 3 m (9.8 ft) dan berat mencapai 450 kg (990 lb). Belum banyak yang diketahui mengenai jenis ikan Tuna ini, akan tetapi dalam perdagangan ikan ini merupakan ikan komersil yang cukup mahal. Bahkan dalam beberapa kesempatan ikan ini jauh lebih mahal dari Tuna sirip biru selatan.
Baca Juga: Sifat Seseorang Berdasarkan Golongan Darah
Tuna Mata Besar (Thunnus obesus)
Ikan masih satu kerabat dekat dngan tuna - tuna diatas. Ikan ini di beberapa tempat memiliki namanya tersendiri yaitu tuna mata lebar, tuna mata belo, sisiak bonta, bet, jabrig, bungkulis, atau kadang disebut tuna saja. Panjang tubuh tuna mata besar dapat mencapai 236 cm (FL, fork length), namun umumnya berkisar antara 60 – 180 cm. Bobot dari ikan ini dapat mencapai 200kg. Rata - rata untuk penangkapan dari berat ikan ini antara 50kg - 200kg. Ikan ini merupakan salah satu sasaran utama dalam penangkapan. Harga dari ikan ini juga tidak jauh beda dengan ikan tuna yang lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com