.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

5 Negara Ini memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Pendidikan merupakan pondasi dasar bagi setiap manusia. Pendidikan menjadi tolok ukur setiap insan yang ada. Pendidikan juga menjadi bagian hidup yang takkan teralakan, bahkan hingga hidup ini tiada. Pendidikan menjadi kebutuhan tersendiri agar dapat bertahan hidup. Tanpa adanya pendidikan, manusia tidak akan mencapai kemajuan zaman seperti sekarang ini. Sejak zaman purba yang kita ketahui, pendidikan pun sudah dimulai. Ini ditandai dengan meningkatnya pengetahuan orang dari zaman ke zaman. Hingga akhirnya kini telah menjadi institusi tersendiri yang mewadahi pendidikan dengan sistem tertentu yang dimiliki institusi tersebut.

Setiap tahunnya World Economic Forum mengeluarkan data Global Competitiveness report yang menjelaskan daya saing antar negara. Banyak faktor yang dijadikan acuan survei untuk mendapatkan data ini. Salah satu faktor utama dan mendasar yang menjadi acuan utama dalam menentukan peringkat ini ialah pendidikan. Mengapa pendidikan menjadi salah satu acuan utama? karena pendidikan memegang peranan penting terhadap kemajuan suatu negara. Semakin bagus pendidikannya, maka semakn baik manusianya dan semakin baik laju pertumbuhan sektor - sektor dalam negeri tersebut. Hasil laporan World Economic Forum memberikan data 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia.
5. Belanda dengan skor 5,9
Negara yang terkenal dengan sebutan kincir ini berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dunia. Negeri yang menyimpan keindahan bunga tulipnya dinyatakan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik. Sistem pendidikan di negara ini tidak memberikan pekerjaan rumah bagi peserta didiknya hingga bangku sekolah menengah atas (SMA). Menurut hasil survei UNICEF, anak - anak dibelanda merupakan anak - anak dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia. woooowww dapat dibayangkan bagaimana rasanya hidup disana bukan?. Sudah bahagia, negara indah nan megah, cerdas - cerdas pula.
4. Singapura dengan skor 6,1
Singapura! negara tetangga Indonesia. Negara dengan luas wilayah yang jauh dibanding negara kita ini, menduduki peringkat ke 4 dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara yang khas dengan patung singanya ini memiliki sistem yang kontras dengan negara sebelumnya yaitu belanda. Negara singapura memiliki sistem yang menekan para siswanya meskipun memiliki program kesetaraan siswa luar negri. Sistem pendidikan disini hampir mirip dengan Indonesia hanya saja ada fokusan tersendiri. Sistem disini menggunakan tahapan, yakni orientasi terhadap suatu pelajaran hingga tahap tertentu (tahap dasar 1-4 dan tahap dasar lanjutan 5-6). Biaya pendidikan di negara ini gratis untuk warga singapura. Pelajaran dasar yang diutamakan ialah bahasa inggris, bahasa ibu dan ilmu pengetahuan.
3. Belgia dengan skor 6,2

Belgia menduduki peringkat terbaik ke 3 dunia dengan sistem pendidikan terbaik. Di negara ini, anak - anak sudah masuk TK sejak umur 2,5 tahun. Setiap minggunya sekolah aktif hanya pada hari senin, selasa, kamis dan jum'at. Hari rabu, sabtu dan minggu libur. Memiliki jam belajar yang dimulai sejak 08.30 - 15.30 dengan waktu istirahat 1 jam dari jam 11.45-13.00. Setiap anak di belgia mendapatkan tunjangan hidup hingga umur 18 tahun. Akan tetapi konsekuensi jika membolos tunjangan hidupnya dicabut selama sisa tunjangannya. Jadi jika umur 5 tahun bolos sekolah, sisa 13 tahunnya harus bayar sendiri ya. Terbayang bukan?

2. Swiss dengan skor 6,2
Di negara ini kita dapat memilih belajar menggunakan bahasa yang kita sukai. Kita dapat belajar dengan menggunakan bahasa swiss, jerman, prancis hingga italia. Swiss merupakan negara dengan biaya hidup yang sangat tinggi. Bagi pelajar, ini bukanlah sebuah masalah besar karena disana setiap pelajar mendapatkan tunjangan hidup baik dari sekolah maupun organisasi tertentu yang menaungi pelajar. Swiss memiliki kualitas pendidikan dan tunjangan fasilitas yang baik dan kondusif.
1. Finlandia dengan skor 6,7

Ya, finlandia masih menduduki peringkat 1 untuk sistem pendidikan terbaik di dunia. Di negara ini, siswa hanya belajar 5 jam setiap hari tanpa adanya PR dan ujian nasional. Ada sistem tertentu yang diterapkan negara ini. Anak - anak finlandia baru boleh bersekolah ketika sudah berumur 7 tahun. Belajar ala finlandia, 45 menit belajar 15 menit istirahat. Penerapan model belajar SMP dan SMA di sini sudah seperti kuliah pada negara kita. Biaya pendidikan disini seluruhnya gratis dan bagi swasta diatur dengan harga yang sangat terjangkau. Pendidikan diserahkan sepenuhnya pada guru karena guru lah yang paling tahu bagaimana cara mengevaluasi murid - muridnya. Seluruh guru di negara ini mendapatkan biaya dari negara untuk mendapatkan gelar master dan gaji tertinggi sebagai pendidik. Terakhir yang paling penting ialah Tidak ada sistem rangking. Karena mereka percaya bahwa masing - masing murid adalah rangking 1. Sungguh perhatian bukan?

Itulah negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia. Bagaimana dengan pendidikan yang telah kita terapkan?. Ada baiknya masing - masing dari kita mengevaluasi diri kita pribadi untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang baik.
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net