26 Mei 2017

Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan: Selektivitas

Perikanan tangkap merupakan salah satu jenis usaha perikanan yang cukup besar. Namun usaha perikanan tangkap masih belum termanfaatkan dengan optimal. Dalam melakukan penangkapan ikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara serius yaitu alat tangkap yang digunakan dan kelestarian sumberdaya. Alat tangkap yang digunakan berkorelasi positif dengan kelestarian sumberdaya perikanan. Salah satu aspek dalam penangkapan ikan yang ramah lingkungan ialah penggunaan alat tangkap ikan yang memiliki selektivitas tinggi.

Selektivitas tinggi ialah alat tangkap yang memiliki takaran tertentu pada ikan yang ditangkap. Sehingga alat tangkap yang digunakan tidak menangkap seluruh jenis ikan yang ada namun bergantung pada target dan kriteria ikan yang ditangkap baik secara spesifik maupun kategori tertentu. Misal alat tangkap tuna longline. Alat tangkap ini memiliki target ikan tuna, namun ada beberapa target sampingan atau biasa kita sebut dengan By-catch.

Ada dua jenis kriteria secara umum dari selektivitas yaitu selektivitas ukuran dan selektivitas jenis. Berikut ialah contoh dari selektivitas:

1. Alat mampu menangkap ikan lebih dari 3 spesies dengan ukuran yang berbeda jauh.
2. Alat mampu menangkap ikan dengan 3 spesies yang memiliki ukuran berbeda
3. Alat mampu menangkap ikan kurang dari 3 spesies dengan ukuran yang sama atau relatif sama
4. Alat mampu menangkap ikan hanya 1 spesies dengan ukuran relatif sama
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: