.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan: Selektivitas

Perikanan tangkap merupakan salah satu jenis usaha perikanan yang cukup besar. Namun usaha perikanan tangkap masih belum termanfaatkan dengan optimal. Dalam melakukan penangkapan ikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara serius yaitu alat tangkap yang digunakan dan kelestarian sumberdaya. Alat tangkap yang digunakan berkorelasi positif dengan kelestarian sumberdaya perikanan. Salah satu aspek dalam penangkapan ikan yang ramah lingkungan ialah penggunaan alat tangkap ikan yang memiliki selektivitas tinggi.
Baca: Perikanan Tangkap dan Klasifikasinya
Selektivitas tinggi ialah alat tangkap yang memiliki takaran tertentu pada ikan yang ditangkap. Sehingga alat tangkap yang digunakan tidak menangkap seluruh jenis ikan yang ada namun bergantung pada target dan kriteria ikan yang ditangkap baik secara spesifik maupun kategori tertentu. Misal alat tangkap tuna longline. Alat tangkap ini memiliki target ikan tuna, namun ada beberapa target sampingan atau biasa kita sebut dengan By-catch.
Baca: Jenis Toleransi Ikan pada Parameter Salinitas
Ada dua jenis kriteria secara umum dari selektivitas yaitu selektivitas ukuran dan selektivitas jenis. Berikut ialah contoh dari selektivitas:

1. Alat mampu menangkap ikan lebih dari 3 spesies dengan ukuran yang berbeda jauh.
2. Alat mampu menangkap ikan dengan 3 spesies yang memiliki ukuran berbeda
3. Alat mampu menangkap ikan kurang dari 3 spesies dengan ukuran yang sama atau relatif sama
4. Alat mampu menangkap ikan hanya 1 spesies dengan ukuran relatif sama
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net