.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Perikanan Tangkap dan Klasifikasinya

Perikanan tangkap merupakan salah satu sektor pemanfaatan perikanan terbesar setelah budidaya.Di negara kita Indonesia, perikanan tangkap menjadi salah satu andalan untuk memenuhi sektor ekonomi. Pasalnya negara kita memiliki laut yang cukup luas. Tidak hanya itu, bahkan perairan darat juga terbilang cukup besar. Banyak danau, dam, sungai dan perairan darat lainnya yang memiliki sumberdaya perikanan cukup melimpah dan mungkin banyak yang belum termanfaatkan.

Menangkap ikan atau penangkapan ikan merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan ikan di sebuah perairan yang tidak dalam kondisi dibudidayakan. Aktivitas ini dilakukan dengan cara apapun termasuk penggunaan kapal untuk melakukan muat, angkut, simpan, pendinginan, pengolahan bahkan hingga pengawetan. Dalam aktivitas perikanan tangkap dapat kita bedakan atau klasifikasikan agar mudah dalam memberikan kategori di masing - masing kegiatan penangkapan. Klasifikasi ini dapat kita bedakan berdasarkan lokasi penangkapan, habitat ikan, spesies yang ditangkap dan berdasarkan alat yang digunakan.

Berdasarkan Lokasi
Ditinjau dari lokasi penangkapannya, perikanan tangkap dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Perikanan tangkap laut dan perikanan tangkap darat. Perikanan tangkap laut dimulai dari perairan payau hingga perikanan samudera, sedangkan perikanan tangkap darat seperti danau, waduk, sungai dan tempat lainnya yang bukan berada dalam kondisi budidaya. Ada beberapa perbedaan untuk perairan payau, namun ini bukan menjadi masalah karena perairan payau memang ekosistem yang unik dan khas. Sehingga jika dibedakan pada satu kategori lagi juga tidak mengapa.

Berdasarkan Habitat
Berdasarkan habitatnya, perikanan tangkap dibedakan menjadi perikanan demersal, perikanan pelagis dan perikanan karang. Dalam klasifikasi yang lain, dapat menjadi lebih rinci. Yaitu bukan kategori secara umum namun kategori khusus seperti Perikanan Bakau, Perikanan Epipelagis dan lain sebagainya.

Berdasarkan Spesies
Perikanan tangkap berdasarkan spesie dapat dikategorikan menurut ikan yang ditangkap atau secara jenisnya. Semisal berdasarkan jenisnya maka perikanan tangkap Tuna sudah termasuk didalamnya cakalang, tuna dan ikan sejenisnya. Namun jika berdasarkan jenisnya dapat dibedakan seperti perikanan tuna, perikanan cakang, perikanan udang, perikanan anchovy dan lain sebagainya

Berdasarkan Alat Tangkap
Klasifikasi berdasarkan alat tangkapnya seperti perikanan purse seine, perikanan gillnet, perikanan pole and line dan lain sebagainya sesuai dengan alat tangkap yang digunakan. Tentunya klasifikasi berdasarkan alat tangkap ini ialah penggunaan alat tangkap yang dibolehkan.
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

1 comment:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net