24 Mei 2017

Sektor Usaha Kelautan, Pesisir dan Pulau Kecil 2

Sebelumnya kita telah mengenal sebagian dari industri kelautan, pesisir dan pulau - pulau kecil. Kita juga telah mengenal klasifikasi dari perikanan tangkap. Kali ini kita akan melanjutkan kembali bagian kedua dari pemanfaatan sektor ekonomi kelautan, pesisir dan pulau - pulau kecil yang masih mungkin dilakukan.

Sarana Air Bersih
Seperi yang kita ketahui, dipesisir, laut dan pantai pada umumnya sangat sedikit ketersediaan air bersih. Maka dari itu, pengadaan sarana air bersih dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Sarana air bersih dapat menjadi pendongkrak sektor pesisir atau pantai dan dapat dijadikan sebagai basis industrialisasi. Pengadaan air bersih juga dapat memanfaatakan sumber matai air di sekitar pantai, pembuatan sumur atau melakukan penyulingan air laut. Mestinya ada peran teknologi untuk perlakuan tertentu.


Jetty
Ini merupakan sebuah dermaga yang tidak tepat ditepi daratan namun menjorok ke arah lautan. Biasa dihubungkan dengan sejenis jembatan (trestle).

Listrik Tenaga Surya (LTS)
WIlayah pesisir kebanyakan merupakan sebua kawasan terbuka atau kawasan mangrove. Pesisir dengan tempat terbuka dapat dimanfaatkan untuk pengadaan pembangkit listrik tenaga surya. Ini menjadi keuntungan tersendiri jika diterapkan, selain menghemat biaya listrik juga meminimalkan anggaran biaya produksi pengolahan ikan. Sehingga mesin - mesin yang membutuhkan tenaga listrik dapat menggunakan panel surya yang telah disediakan. Penggunaan ini juga dapat disalurkan ke kota atau pendduk setempat untuk keperluan sehari - hari. Negara yang telah menerapkan ini ialah inggris. Negara lain yang serupa dengan ini yaitu Belanda, memanfaatkan wilayah pesisir untuk penggerak Kincir Angin.


Lembaga Keuangan Mikro
Lembaga keuangan mikro merupakan lembaga yang mengelola keungan untuk mendorong perekonomian masyarakat. Dipesisir, lembaga keuangan memiliki target sasaran yakni usaha - usaha kecil masyarakat pesisir. Biasanya mengurus permodalan usaha mikro, dikelola secara mandiri. Namun beberapa ada yang dikelola berkelompok dan bekerjasama dengan Bank.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: