.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Sektor Usaha Kelautan, Pesisir dan Pulau Kecil 2

Sebelumnya kita telah mengenal sebagian dari industri kelautan, pesisir dan pulau - pulau kecil. Kita juga telah mengenal klasifikasi dari perikanan tangkap. Kali ini kita akan melanjutkan kembali bagian kedua dari pemanfaatan sektor ekonomi kelautan, pesisir dan pulau - pulau kecil yang masih mungkin dilakukan.

Sarana Air Bersih
Seperi yang kita ketahui, dipesisir, laut dan pantai pada umumnya sangat sedikit ketersediaan air bersih. Maka dari itu, pengadaan sarana air bersih dapat menjadi pertimbangan tersendiri. Sarana air bersih dapat menjadi pendongkrak sektor pesisir atau pantai dan dapat dijadikan sebagai basis industrialisasi. Pengadaan air bersih juga dapat memanfaatakan sumber matai air di sekitar pantai, pembuatan sumur atau melakukan penyulingan air laut. Mestinya ada peran teknologi untuk perlakuan tertentu.


Jetty
Ini merupakan sebuah dermaga yang tidak tepat ditepi daratan namun menjorok ke arah lautan. Biasa dihubungkan dengan sejenis jembatan (trestle).

Listrik Tenaga Surya (LTS)
WIlayah pesisir kebanyakan merupakan sebua kawasan terbuka atau kawasan mangrove. Pesisir dengan tempat terbuka dapat dimanfaatkan untuk pengadaan pembangkit listrik tenaga surya. Ini menjadi keuntungan tersendiri jika diterapkan, selain menghemat biaya listrik juga meminimalkan anggaran biaya produksi pengolahan ikan. Sehingga mesin - mesin yang membutuhkan tenaga listrik dapat menggunakan panel surya yang telah disediakan. Penggunaan ini juga dapat disalurkan ke kota atau pendduk setempat untuk keperluan sehari - hari. Negara yang telah menerapkan ini ialah inggris. Negara lain yang serupa dengan ini yaitu Belanda, memanfaatkan wilayah pesisir untuk penggerak Kincir Angin.


Lembaga Keuangan Mikro
Lembaga keuangan mikro merupakan lembaga yang mengelola keungan untuk mendorong perekonomian masyarakat. Dipesisir, lembaga keuangan memiliki target sasaran yakni usaha - usaha kecil masyarakat pesisir. Biasanya mengurus permodalan usaha mikro, dikelola secara mandiri. Namun beberapa ada yang dikelola berkelompok dan bekerjasama dengan Bank.
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net