Memahami Tata Niaga Hasil Perikanan

Sumber: photo.kontan.co.id
Tafshare.com - Sebuah usaha tidak akan pernah lepas dari aktivitas Tata Niaga. Baik usaha itu skala Dalam sebuah usaha tersebut berbasis rumah tangga, skala lokal, nasional ataupun industri besar. Tentunya bagi para pengusaha sudah terbiasa berkecimpung dibidang tata niaga. Sehingga bagi kita yang hendak memmulai usaha, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu tata niaga. Apa arti dari Tata Niaga? apakah tujuan dari tata niaga?

Asal kata tata niaga ialah tata dan niaga. Tata yang artinya pengaturan, susunan atau aturan dan Niaga yang artinya perdagangan. Tata niaga biasa diartikan pula dengan distribusi atau pemasaran. Adapun pengertiannya yaitu suatu kegiatan ekonomi yang berfungsi membawa atau menyampaikan barang dari produsen kepada konsumen. Mudahnya ialah aktivitas pengiriman atau pemindahan barang dari produsen kepada konsumen atau pedagang ke pembeli.

Tujuan utama dilakukannya pembahasan tata niaga ini ialah menjamin agar produk sampai kepada konsumen dengan efektif dan efisien. Sehingga barang yang dikirimkan dapat terjaga dengan baik, tetap berkualitas, tidak rusak, dan biaya yang dikeluarkan murah. Sehingga tidak merugikan konsumen dan juga produsen yang mengirimkan barang tersebut. Parameter yang digunakan dalam menilai suatu kegiatan tata niaga berjalan efektif dan efisien ialah jika telah memenuhi 2 syarat: 1. Mampu menyampaikan hasil atau produk dari produsen kepada konsumen tepat pada waktu yang ditentukan dengan jumlah yang diminta dengan harga semurah-murahnya tanpa merugikan pihak-pihak terkait yang terlibat didalamnya; 2. Mampu memberikan cost sharing (pembagian harga) yang adil dari seluruh harga yang dibayar konsumen akhir ke semua pihak yang terlibat dalam produksi dan proses tata niaga.

Sehingga dari uraian ini kita dapat mengartikan bahwa Tata Niaga perikanan ialah proses pendistribusian barang berupa ikan atau produk turunannya dari produsen hingga konsumen akhir secara efektif dan efisien. Sehingga produk perikanan yang dihasilkan dapat tersampaikan dengan baik dan berkualitas kepada konsumen. Sehingga ikan yang masih segar dapat tersampaikan kepada konsumen dengan tepat waktu sesuai permintaan dengan tetap menjaga kesegaran ikan tersebut atau ikan olahan baik setengah jadi atau bahan jadi yang dilakukan secara efektif dan efisien. Sehingga aktivitas tata niaga ini tidak merugikan produsen dengan harga pengiriman yang tinggi dan memberatkan konsumen yang mana produk pesanan harganya meningkat karena pengiriman yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment