Tata Niaga Hasil Perikanan: Unsur yang Terlibat

Tafshare.com - Setelah kita memahami maksud dari tata niaga hasil perikanan, perlu kiranya kita mengenal unsur yang terlibat di dalamnya. Siapa saja yang berperan dalam proses Tata Niaga dan apa Fungsinya dapat memudahkan kita untuk menjalankan perniagaan dengan baik. Tentunya dalam menjalankan sebuah perniagaan banyak unsur yang terlibat dan perlu untuk dikenali. Peranan tersebut cukup vital sehingga mempengaruhi proses jalannya sebuah usaha. Lalu, siapakah yang berperan dalam jalannya sebuah perniagaan?

1. Pemerintah
sumber: hipwee.com
Pemerintah memiliki peran yang sangat vital dimana seluruh kebijakannya akan mempengaruhi jalannya tatanan perniagaan. Peran pemerintah meliputi kebijakan Perikanan, kebijakan Industri dan kebijakan perencanaan. Kebijakan perikanan meliputi harga yang ditetapkan, kebijakan pemasaran hasil perikanan dan kebijakan struktural.

2. Lembaga non Pemerintah 
sumber: ngomanager.org
Lembaga ini memliki peran yang dapat bersentuhan langsung dengan para pelaku tata niaga perikanan. Dikarenakan lembaga non pemerintah lebih leluasa dalam menyentuh lapisan masyarakat. Misalnya saja koperasi yang terdapat di daerah-daerah. Mereka dapat membentuk sebuah kelompok perikanan, menjadi penyedia kebutuhan anggota atau menjadi pengumpul bahan perikanan untuk dijual. Koperasi juga dapat menjadi tempat advokasi masyarakat dan juga 'bank' bagi para pelaku perniagaan. Juga lembaga non pemerintah lainnya yang terbentuk di tengah-tengah masyarakat terkhusus yang terbentuk untuk perniagaan.

3. Produsen
sumber: sebarr.com
Produsen merupakan sektor utama dalam perniagaan. Dimana produsen menjadi penghasil barang yang akan dipasarkan. Dalam tata niaga hasil perikanan produsen dapat dibagi menjadi 2 garis besar yaitu produsen ikan seperti nelayan dan pembudidaya atau produsen produk perikanan. Ikan yang dihasilkan oleh nelayan atau pembudidaya biasanya langsung dijual dalam bentuk mentah atau ada juga yang mengolahnya menjadi bahan setengah jadi. Ada juga yang menjual ke perusahaan atau UMKM untuk diolah sebagai bahan setengah jadi atau bahan jadi.

4. Pedagang
sumber: solopos.com
Pedagang menjadi bagian yang cukup penting karena sebagai pelaku utama perniagaan. Pedagang dapat berupa produsen yang menjual produknya langsung ke konsumen. Dapat juga sebagai produsen yang menjual ke produsen lain untuk diolah menjadi produk turunannya. Pedagang juga dapat menjadi seorang penjual saja. Ada juga pedagang perantara yang merupakan pedagang yang menjual kembali produk yang dibeli dari produsen. Biasanya kita kenal sebagai pedagang pengumpul.

5. Konsumen
Konsumen merupakan seseorang atau sekelompok yang membeli barang dari produsen. Konsumen merupakan bagian akhir dari sebuah perniagaan.

Unsur-unsur tersebut terlibat secara langsung dalam sebuah perniagaan. Dimana dari komponen tersebut dapat terbentuk sebuah kombinasi baru yang membentuk struktur pasar dan saluran pemasaran. Sehingga pendapatan dapat diatur sedemikian rupa agar tetap untung dan barang yang dibutuhkan dapat tercukupi dengan baik.

No comments:

Post a Comment