21 Mei 2019

Pengertian Hewan Endotermik, Eksotermik, Homeotermik dan Poikilotermik

Tafshare.com - Dalam dunia perbinatangan, terdapat sifat tertentu dalam menghasilkan panas tubuh. Proses tersebut dibagi menjadi 4 bagian yaitu Endotermik, Eksotermik, Homeotermik dan Poikilotermik. Masing-masing proses tersebut saling berhubungan.

Endotherms adalah hewan yang utamanya menghasilkan panas sendiri. Ectotherms adalah hewan yang mendapatkan keuntungan panas melalui lingkungan. Homeotherms adalah hewan yang memiliki suhu tubuh konstan. Poikilotherms adalah hewan yang menyesuaikan suhu tubuhnya tergantung pada lingkungan.

Endodermik
Eksotermik
Homeothermic
Kebanyakan dari jenis burung dan mamalia, Tuna dan beberapa ikan besar
Beberapa reptile tropis dan mungkin dinosaurus. Tentunya organisme yang seharusnya berada didalam lautan atau didalam danau
Poikilotermik
Sebagian dari jenis burung dan mamalia. Kebanyakan dari jenis serangga dan beberapa invertebrata
Kebanyakan dari jenis ikan, ampibia dan reptile

sumber: minerva.union.edu/
Dua Kerajaan binatang yang ekstrem adalah endotermik homeotherms dan ectothermic poikilotherms. Kebanyakan merupakan Mamalia, termasuk manusia, serta sebagian besar burung iala homeotherms endotermik, sementara kebanyakan ikan, invertebrates, reptil, dan amfibi adalah ectothermic poikilotherms.

Beberapa binatang masuk ke dalam profil endotermik poikilotherm serta profil ectothermic homeotherm. Mamalia yang terlibat dalam hibernasi, atau istirahat panjang, dianggap endotermik poikilotherms, karena mereka dapat menghasilkan panas mereka sendiri tetapi suhu mereka bervariasi tergantung pada lingkungan. 

Hewan yang endotermik telah disesuaikan dengan lingkungan berbeda daripada hewan eksotermik. Endotermik pada hewan dapat tetap aktif dalam cuaca dingin, yang dapat mengakibatkan kemampuan yang lebih baik untuk bertahan hidup. Namun, hewan endotermik memerlukan lebih banyak energi untuk panas tubuh mereka dan karenanya membutuhkan lebih banyak makanan. Eksotermik tidak memerlukan energi untuk memanaskan diri mereka sendiri, dan dapat menghabiskan energi mereka di reproduksi, yang dalam beberapa lingkungan lebih berharga daripada tinggal aktif dalam cuaca dingin.

Referensi:
http://minerva.union.edu/linthicw/endo.htm diakses pada hari Ahad, 17 Februari 2019 pukul 23.04 WIB
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: