16 Jul 2019

Klasifikasi dan Deskripsi Tuna Madidihang (Thunnus Albacares)

Tafshare.com - Sebelumnya kita telah selelsai membahas mengenai Daerah Persebaran Ikan Tuna Mata Besar. Kali ini, pembahasan kita bergeser pada saudaranya yakni Tuna Madidihang atau biasa di panggil Madidihang (Thunnus albacares) juga dikenal sebagai Tuna sirip kuning (Yellowfin Tuna). Setiap spesies memiliki beberapa perbedaan dengan kerabatnya walau genus, ordo dan familinya sama.

Klasifikasi
Menurut Saanin (1986), klasifikasi Madidihang sebagai berikut:

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Subkelas : Teleostei
Ordo : Perciformes
Subordo : Scombridei
Family : Scombridae
Genus : Thunnus
Spesies: Thunnus albacares

Catatan : Didalam perdagangan, yang disebut sebagai albacore dalam bahasa Inggris adalah jenis tuna yang lain, yakni tuna albakora (Thunnus alalunga). Ikan ini lebih kecil dari madidihang (hingga 120 cm FL), dengan pewarnaan yang mirip kecuali finletnya yang berwarna gelap. Sirip dada memanjang hingga melewati pangkal sirip punggung kedua, biasanya ujungnya mencapai finlet punggung yang kedua. (Sumber: serdaducemara.wordpress.com)

Deskripsi
Ikan madidihang merupakan sala satu ikan yang menjadi komoditas perdagangan international. Madidihang memiliki ukuran raksasa ketika dewasa. Untuk panjang forklenght (FL) dapat mencapai 195cm, umumnya 150cm.

Sirip punggung (dorsal) terdiri dari dua berkas, terpisah oleh celah yang kecil saja; berkas yang kedua segera diikuti oleh 8–10 sirip-sirip tambahan berukuran kecil (finlet). Sirip anal diikuti oleh 7–10 finlet. Pada spesimen berukuran besar, sirip punggung kedua dan sirip anal ini kadang-kadang memanjang hingga 20% FL. Sirip dada (pectoral) cukup panjang (22–31% FL), biasanya mencapai pangkal bagian depan sirip dorsal kedua, namun tidak melewati pangkal bagian belakangnya. Sirip-sirip punggung kedua dan anal, serta finlet - finlet yang mengikutinya, berwarna kuning cerah, yang menjadi asal namanya.

Ada dua lipatan kulit (tonjolan interpelvis) di antara sirip-sirip perut. Batang ekor amat ramping, dengan sebuah lunas samping yang kuat di tiap-tiap sisi, yang masing-masing diapit oleh dua lunas yang lebih kecil. Sirip ekor bercabang kuat (forked, bercagak). Punggungnya berwarna biru gelap metalik, berangsur-angsur berubah menjadi kekuningan atau keperakan di bagian perut. Bagian perut kadang-kadang dihiasi oleh sekitar 20 garis putus-putus yang hampir vertikal arahnya. Madidihang dapat mencapai berat melebihi 300 pon (136 kg), walau demikian ini masih jauh di bawah tuna sirip biru Pasifik (Thunnus orientalis) yang bisa memiliki berat lebih dari 1000 pon (454 kg), dan juga sedikit di bawah tuna mata besar (Thunnus obesus) dan tuna sirip biru selatan (Thunnus maccoyii). Ukuran madidihang yang tercatat dalam literatur mencapai panjang 239 cm dan berat 200 kg.

Referensi Jurnal dan Internet
Unpad.ac.id
Undip.ac.id
Wikipedia
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

1 komentar:

  1. We are a bunch of volunteers and opening a brand new scheme in our community.

    Your site provided us with valuable information to work on. You've done an impressive activity and our entire group will probably be grateful to you.

    BalasHapus