31 Jul 2016

Pemahaman Seputar Laut #0

Sumber: Anneahira.com
Tafshare.com - Ilmu perikanan tidak hanya berbicara soal hewan air saja tapi juga membahas tempat hidupnya. Tempat hidup hewan air terbesar adalah berada di laut. Sehingga kita mahasiswa perikanan juga harus paham mengenai laut. Mulai dari mengenal arti dari laut hingga pembagian wilayah-wilayah atau bagian-bagian dari laut itu sendiri.

Apa itu laut?. Banyak jawaban yang akan muncul mengenai ini. Mulai dari kumpulan air yang banyak, air asin hingga tempat misterius di bumi. Tidak ada yang salah dari jawaban tersebut, akan tetapi secara istilah dapat kita artikan Laut ialah seluruh badan air asin yang saling berhubungan dan menutupi 70% (tepatnya 70,78%) dari permukaan bumi. Jumlah ini tidak termasuk Danau Asin (Salt Lake) yang tidak dinyatakan sebagai laut, berdasarkan definisi di atas. Air pada permukaan bumi, dengan demikian, bisa dibedakan berdasarkan tempatnya, ialah: air laut dan badan air yang ada di darat, selain Laut. Dari total badan air yang menutupi permukaan bumi, 97% ialah air laut. Hanya sekitar 3% air di bumi yang bukan air laut.

Dari definisi diatas, sangat jelas bahwa identitas planet kita adalah laut. Tapi nampaknya kita mash belum menghargai planet kita. Kita masih belum mengerti kebutuhan kita akan laut dan kehidupan di dalamnya. Laut lebih dominan ketimbang daratan. Tapi kita selalu mempergunakan istilah planet bumi, bukan planet laut dalam perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan manusia.

Referensi
Jurnal Perikanan Ub.ac.id
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: