3 Agu 2016

Pemahaman Seputar Laut #3

Sumber: Anneahira.com
Tafshare.com - Sebelumnya kita telah mengkaji Pemahaman Seputar Laut #2. Kali ini kita masih meneruskan pemahasannya. Ketika seseorang menyelam memasuki air laut, tekanan air laut di sekitar kita, yang biasa disebut tekanan hidrostatik, akan meningkat. Tekanan hidrostatik ini ditentukan oleh pengaruh berat air yang ada di atas kita. Tekanan air laut biasanya diukur dalam satuan atmosphere; 1 atmosphere (atm) merupakan tekanan udara pada permukaan air laut. Tekanan air laut akan terus meningkat 1 atm untuk setiap pertambahan kedalaman 10 m.

Rata-rata kedalaman air laut ialah 3.798 m (di bawah permukaan air laut). Tekanan hidrostatik pada kedalaman ini setara dengan 388 atm. Palung laut, terjemahan dari istilah trench, ialah bagian terdalam yang ada di lautan. Bagian ini merupakan ruang yang sempit dan panjang (bisa mencapai ribuan km). Palung laut terdalam yang baru ditemukan, terdapat di Samudera Pasifik yang disebut Mariana Trench. Palung ini mencapai kedalaman 11.033 m. Pada kedalaman tersebut tekanan hidrostatik mencapai 1.070 atm atau berkisar 8 Ton/Inchi. Dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa ketika berada di kedalaman tersebut setiap Inchinya akan menopang berat 8 Ton. Tanpa alat bantu khusus, manusia tidak akan pernah mencapai dasar pada palung laut Mariana. Sebagai pembanding, lembah terdalam di darat ialah Hell Canyon yang terletak di Oregon, Amerika. Lembah tersebut mencapai kedalaman maksimum 2.400 m. Lembah terdalam di laut ialah 4,6x lebih dalam dibandingkan hal yang sama terdapat di darat. Baca Juga: Pemahaman Seputar Laut #1

Dasar laut, pada beberapa tempat, mempunyai topografi yang bergelombang seperti di darat. Laut juga mempunyai Sea Mount, atau Gunung Laut, sebagian diantaranya tercatat masih aktif. Beberapa gunung laut tidak terlihat karena berada jauh di dalam laut. Sebagian lagi, puncak gunung laut sudah ada yang muncul ke permukaan darat. Gunung tertinggi, yang muncul dari dasar laut ialah Gunung Mauna Kea, ditemukan di Hawai. Tinggi gunung Mauna Kea mencapai 10.200 m dari dasar laut. Gunung tertinggi di darat ialah Mount Everest, mencapai 8.848 m dari atas permukaan laut. Lembah terdalam, gunung tertinggi ternyata ada di laut, bukan di darat.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: