24 Apr 2020

Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Gurami

Dokumentasi Pribadi Tafshare.com di Bale Timoho Resto
Tafshare.com - Ikan gurami merupakan komoditas ikan konsumsi yang banyak di minati. Bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, juga banyak diminati di berbagai negara. Menjadi ikan endemik perairan Indonesia, ikan gurami mudah didapatkan di danau, rawa maupun sungai. Ikan gurami juga mulai banyak di budidayakan dikarenakan peminatnya yang cukup banyak, perawatan ikan yang cenderung mudah juga harga pasar yang cukup menguntungkan. Untuk ukuran 500 gram saja, di daerah Yogyakarta berkisar 30 ribu hingga 50 ribu rupiah. Ukuran konsumsi ikan gurami biasanya 500 gram hingga 1 kg. Meskipun dibeberapa tempat ada juga yang menyediakan pada ukuran 300 gram dan sampai ukuran 1,2 kg. Daging gurami diminati kebanyakan karena rasa dagingnya yang lembut dan cukup lezat. Legit dari dagingnya cukup terasa dan rasa dari dagingnya cukup khas. Meskipun begitu, sedikit sekali yang melirik dari sisi gizi dan manfaat dari daging ikan endemik ini. Padahal daging gurami memiliki kandungan gizi yang cukup baik dan banyak manfaat yang akan didapatkan bagi tubuh.


Kandungan Gizi Daging Gurami (Berdasarkan Makalah Sari, RW., 2015)
Jenis NutrisiJumlah
Protein18,93%
Lemak2,43%
Vitamin A
Vitamin B1  
 Vitamin B2
Vitamin B3 
749,715 IUI100g
 0,0792 mg/100g
0,083 mg/100g
1,22 mg/100g 

Manfaat (Berdasarkan ulasan Alodokter.com dan Hellosehat.com)
  • Protein
Tentunya kita mengenal beragam manfaat dari protein. Dimana protein digunakan untuk proses pembentukan tulang, otot, tulang rawan darah bahkan kulit. Selain itu juga berfungsi untuk membangun, memperkuat dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Protein juga membantu kita merasakan kenyang yang lebih lama. Oleh karena itu, salah satu strategi diet biasanya memperbanyak makanan berprotein sehingga terasa kenyang lebih lama agar tidak mudah ngemil atau makan-makanan yang kandungan lemaknya tinggi atau berpotensi menggemukkan. Hormon juga memerlukan protein agar berfungsi dengan baik seperti mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel dan organ tubuh. Protein juga membantu membentuk antibodi yang digunakan sebagai kekebalan tubuh. Bagi anak-anak, remaja dan wanita hamil sekaligus janinnya sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  • Lemak
Mungkin seringkali dari kita beranggapan bahwa lemak tidak baik bagi tubuh atau lemak membuat tubuh semakin gemuk (bagi perempuan). Namun jangan salah, justru banyak manfaat lemak yang dapat kita peroleh untuk kesehatan tubuh. Salah satunya ialah sebagai sumber energi dan bahan baku pembentukan hormon. Lemak juga dibutuhkan untuk menyehatkan organ reproduksi.
  • Vitamin A
Bermanfaat untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ. Hal yang paling populer kita kenal ialah untuk menyehatkan mata. Namun bukan hanya itu, Vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, organ reproduksi dan sistem kekebalan tubuh.


  • Vitamin B1
Biasa disebut dengan tiamin. Bermanfaat dalam merubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh terutama untuk kinerja otak dan sistem saraf. Kekurangan vitamin B1 sering kita kenal istilah penyakit beriberi atau sindrom Wernicke-Korsakoff.
  • Vitamin B2
Vitamin B2 turut serta membantu menjaga kesehatan mata. Bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan kandungan, mencegah migrain, menjaga kesehatan kulit dan rambut. Mengatasi anemia, penyumbatan pembuluh darah dan turut serta meningkatkan energi.
  • Vitamin B3
Merupakan nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit. Menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat mulus. Selain itu dapat juga digunakan sebagai obat jerawat. Vitamin B3 sering digunakan sebagai obat anti penuaan atau pelembab kulit.

Oleh karena itu, ketika kita menikmati daging ikan gurami sebetulnya terdapat 2 manfaat yang kita dapatkan. Yakni membantu melariskan dagangan para penjual sehingga ikan endemik Indonesia ini laris dipasaran dan terus berkembang pembudidayaannya juga tubuh kita menjadi sehat dengan kandungan gizi yang terkandung didalamnya.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. silahkan, jangan lupa sumbernya....
      saksikan juga ya http://youtube.com/watch?v=H8UEGxvIACM

      Hapus