22 Apr 2020

Redeskripsi Ikan Gurami Strain Kapas (Osphronemus goramy Lac.)

Tafshare.com - Ikan Gurami atau biasa dikenal dengan sebutan Gurameh, Grameh dan Soang merupakan ikan endemik perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai menyebar ke Asia tenggara hingga perairan Tiongkok. Ikan yang memiliki nama ilmiah Osphronemus goramy Lac. memiliki usia yang cukup panjang dan bobot badan yang besar. Akibat dari usia panjang dan bobot besarnya, muncul sebuah ciri fisik yang dapat membedakan antara jantan dan betina atau biasa disebut dimorfisme seksual. Habitat dari ikan ini ialah di perairan tawar seperti sungai, rawa, danau, waduk atau kolam. Menjadi salah satu ikan konsumsi yang paling diminati masyarakat, menjadikan para praktisi budidaya dan peneliti tertarik mengembangkan varietas dari ikan ini. Pengembangan ini bertujuan agar menemukan ras ikan campuran yang dapat tumbuh cepat dengan bobot memadai sekitar 1 kg untuk konsumsi. Banyak strain yang telah berkembang dari ikan ini, mulai dari persilangan alami yang terjadi di alam dengan sendirinya. Hingga persilangan buatan oleh para pembudidaya dan peneliti. Salah satu ras dari ikan ini ialah Gurami strain Kapas.

Dokumen pribadi
Belum diketahui secara pasti darimana asal ikan gurami kapas. Namun yang diketahui ikan gurami kapas merupakan ikan lokal perairan Indonesia. Dimungkinkan karena genetiknya, ikan gurami kapas menjadi berwarna putih. Karena warna putih inilah ikan gurami jenis ini dinamakan ikan gurami kapas. Ciri-ciri dari ikan gurami kapas ialah berwarna putih mulus, mata berwarna hitam, sirip depan baik jantan maupun betina berwarna putih. Sulit membedakan perbedaan jantan dan betina pada ikan gurami kapas. Dikarenakan pada ikan gurami pada umumnya dapat dibedakan dengan warna hitam atau putih pada pangkal sirip pektoralnya. Ikan gurami yang berwarna tubuh gelap atau hitam pada sirip pektoral berwarna hitam atau gelap menandakan bahwa ikan tersebut jantan. Jika pada pangkal sirip pektoralnya berwarna putih maka ikan tersebut betina. Namun untuk ikan gurami kapas ciri tersebut tidak dapat terlihat. Dagu pada ikan jantan maupun betina hampir sama. Kepala gurami kapas jantan agak cembung dan yang betina agak cekung atau datar. Menurut pengamatan dalam suatu populasi ikan gurami kapasa lebih banyak yang berkelamin jantan daripada betina. Umur dewasa ikan gurami kapas ketika berusia 3 tahun. Ikan gurami kapas mengalami pertumbuhan yang baik jika berada dalam lingkungan pemeliharaan pada umumnya (Zuriyatno, 2020).


Sumber:
Zuriyatno. 2020. Wawancara via daring tentang gurami kapas. Kamis, 2 April 2020 pukul 21.00 wib di Yogyakarta. dalam Moustafid, B.R. 2020. PERKEMBANGAN DIMORFISME SEKSUAL GURAMI (Osphronemus goramy Lac.) STRAIN KAPAS PADA FASE PRA-DEWASA. Universitas Gadjah Mada. Skripsi: Sarjana
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: