27 Apr 2020

Sejarah dan Peranan PT Indmira di Dunia Pertanian Agrokomplek

Tafshare.com - PT. Indmira merupakan perusahaan swasta yang bergerak sejak tahun 1985 didirikan oleh Ir. Sumarno. Sebelumnya beliau telah bekerja di bidang kontraktor. Karena keprihatinan beliau terhadap dunia pertanian diwujudkan dengan mendirikan Perusahaan ini. Penyebab keprihatinannya yaitu petani menanam berbagai macam tanaman dengan pola tanam yang tidak sesuai, misalnya dosis pupuk yang terlalu tinggi atau tidak seimbang menyebabkan ekosistem menjadi rusak.
Baliho PT Indmira (Dokumentasi Pribadi)
Awal berdirinya perusahaan ini, Ir. Sumarno mencoba menanam tanaman buah-buahan yaitu jambu bangkok dan jeruk. Pada tahun 1987, beliau sudah mampu merambah ke tanaman sayuran, dimana menggunakan teknologi budidaya yang benar (bentuk vertikultur) sampai ke arah penjualannya. Serta mengarah ke uji coba pupuk organik yang mampu menghasilkan pupuk mikro cair dan makro organik. Namun semua usaha Ir. Sumarno belum juga mendapatkan hasil, karena belum juga mendapatkan respon dari masyarakat. Hingga akhirnya pada tahun 1990-an sudah mampu diterima oleh masyarakat dengan adanya penawaran produksi pupuk secara masal.
Pada tanggal 30 Oktober 1996 resmi berdiri dalam bentuk CV. Indmira Citra Tani Nusantara. Awal berdirinya perusahaan ini telah bergelut di bidang Research and Development, sektor perbaikan Ekosistem, sub sektor dunia pertanian sesuai dengan asas Back to Nature. Research and Development sektor perbaikan ekosistem meliputi, perbaikan wadah (media tanam, tambak dan air) serta perbaikan isi (tanaman, hewan dan manusia). Dan sekarang, CV. Indmira telah ditetapkan menjadi PT, pada tanggal 30 Oktober 2009.

PT. INDMIRA melandasi bisnisnya dengan filosofi utama Hamemayu Hayuning Bawana, yang maknanya “menjadi memperindah keindahan dunia”. Falsafah Jawa yang tidak lekang oleh waktu, bisa ditempatkan di segala jaman. Dalam bahasa pakar ekologi: "Sustainable Development" adalah keselarasan arah vertikal dan horizontal. Yaitu, hubungan manusia dengan Sang Pencipta dan hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam tempatnya hidup, manusia dengan mahluk lain yaitu hewan dan tumbuhan. Atas dasar itu PT. INDMIRA berkeyakinan pentingnya menjaga dan memperbaiki ekosistem bumi ini sebagai landasan bisnis perusahaannya.
Manajemen PT. INDMIRA dalam menjalankan proses bisnisnya dan pencapaian visi perusahaan memiliki landasan nilai utama yang dikenal dengan sebutan INDMIRA WAY atau 8 Nilai Utama INDMIRA, dengan slogan bisnis “A Better Way to Grow”. Antara lain:
  1. Inovation (Inovasi), Melihat secara lengkap peluang perbaikan dan mengupayakan perbaikan, pengembangan, gagasan, penemuan hal yang baru hingga memberikan nilai tambah bagi perusahaan, bisnis ataupun manusia secara luas.
  2. Quality (Kualitas), Menjaga efektivitas pelaksanaan pekerjaan/produk agar dapat mencapai suatu sasaran/target yang telah ditentukan dengan cara memonitor perkembangan pekerjaan secara intensif, membandingkan antara rencana dengan aktualisasi, dan mengambil tindakan perbaikan secara akurat dan efektif.
  3. Solution (Solusi), Fokus pada solusi bisnis yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi perbaikan alam dan kesejahteraan masyarakat secara luas. Memberikan solusi untuk menjaga ekosistem yang lebih baik dan berkelanjutan.
  4. Integrity (Integritas), Bertanggung jawab dan bertindak konsisten secara profesional sesuai dengan nilai-nilai, peraturan dan kebijakan perusahaan serta kode etik profesi, serta tetap konsekuen meski dalam keadaan yang sulit.
  5. Natural Friendly (Sahabat Alam), Menjaga dan melindungi hak-hak serta melestarikan lingkungan dan alam yang lebih sehat dan bersahabat untuk masa depan bumi yang lebih baik.
  6. Care (Peduli), Memberikan kontribusi positif kepada rekan kerja, masyarakat maupun kepada lingkungan hidup. Setiap karyawan memberikan perhatian terhadap masalah yang terjadi di lingkungan dan memberikan kontribusi positif dengan cara membantu memecahkan masalah.
  7. Team Work (Bekerjasama), Membina hubungan kerja yang bersinergi serta memberikan kontribusi efektif terhadap aktifitas kelompok dalam mencapai sasaran perusahaan.
  8. Leadership (Kepemimpinan), Berinisiatif, mengelola dan mengembangkan diri sendiri serta orang lain dalam menggunakan berbagai macam peran dan gaya kepemimpinan secara fleksibel sesuai dengan situasi dan kondisi baik pekerjaan maupun tim kerja sehingga dapat mencapai sasaran perusahaan.

PT Indmira sejak awal berdirinya berperan sebagai peneliti dan pengembang bidang agrokompleks. Selain itu Indmira juga menjadi produsen pupuk dan konsultan di bidang pertanian. Kemudian semakin hari Indmira menjadi inovator di bidang pertanian dan perikanan, pelopor inovasi pertanian hidrponik dan akuaponik. Menjadi pelopor budidaya komoditas laut di perkotaan menggunakan sistem RAS untuk mendekatkan produk dengan pasar. Inovasi terbaru Indmira berperan sebagai polopor reklamasi lahan tambang yang digunakan untuk produksi hasil pertanian yang aman dikonsumsi.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: