17 Mei 2020

Aklimatisasi Ikan, Pengertian, Metode dan Tujuan

Penebaran Ikan (Sumber: insidepontianak.com)
Tafshare.com - Dalam budidaya ikan terdapat satu proses perpindahan ikan dari lingkungan baru ke lingkungan lama. Tahapan ini seringkali diabaikan oleh pembudidaya, bahkan yang sudah menjadi rutinitas terkadang lupa. Proses ini disebut aklimatisasi ikan. Aklimatisasi ikan memiliki pengertian proses penyesuaian atau adaptasi fisiologis dari lingkungan lama kepada lingkungan yang baru. Sederhananya agar ikan 'tidak kaget' ketika 'pindah rumah'.

Tujuan
Aklimatisasi dilakukan guna mencegah terjadinya shock lingkungan pada ikan. Hal ini disebabkan perbedaan pH, suhu dan kualitas air yang sebelumnya ke tempat yang baru. Aklimatisasi juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kematian masal akibat stress lingkungan atau proses fisiologis dan osmoregulasi yang mendadak berubah.

Metode
Proses aklimatisasi dilakukan dalam beberapa tahap yakni penyamaan lingkungan perairan, adaptasi suhu dan pH. Terlebih dahulu ikan dalam wadah seperti wadah plastik pada gambar diatas diapungkan dalam kolam. Proses ini biasanya dilakukan 10-15 menit atau hingga ikan terlihat 'megap-megap'. Proses ini bertujuan untuk menyamakan suhu lingkungan perairan dalam wadah dengan lingkungan kolam. Selanjutnya wadah dibuka dan air kolam dicampurkan sedikit demi sedikit ke dalam wadah. Ini dilakukan untuk menyamakan kualitas air kolam dengan air yang berada dalam wadah setidaknya nilai pH dan DO. Kemudian dibiarkan hingga ikan mencari jalan keluarnya sendiri. Ketika ikan sudah terlihat berenang-renang hendak keluar menuju kolam, maka ikan sudah dapat dilepaskan.

Proses ini penting untuk selalu diingat dan dilakukan ketika memindahkan ikan dari lingkungan lama ke lingkungan baru. Guna mempertahankan kualitas bibit ikan agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat sehingga memberikan hasil yang memuaskan.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Moustafid merupakan seorang alumni perikanan Universitas Gadjah Mada yang telah dinyatakan lulus pada 14 April 2020. Oleh karena itu berhak mencantumkan gelar Sarjana Perikanan atau di tulis S.Pi.

0 komentar: