.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Mengapa Ada Makhluk yang Dapat Hidup di Palung Mariana?

Kehidupan palung mariana. Sumber: bangsaonline.com
Tafshare.com - Sebelumnya kita telah menjawab pertanyaan Adakah Kehidupan pada Kedalaman 11,3 Km di Dasar Laut?. Kehidupan di kedalaman tersebut ditinggali oleh ikan - kan kecil, besar, amphipod dan sebagainya. Keunikan dan keanehan juga terdapat pada kedalaman ini. Jika pada kedalaman ini memberikan tekanan hidrostatik sebesar 8Ton/inchi yang dapat menghancurkan setiap benda yang masuk kedalamnya. Maka, kenapa hewan - hewan yang hidup berenang seperti pada kehidupan biasanya tidak hancur?.

Seorang pakar biologi asal Universitas Hawaii sekaligus peneliti senior dalam tim tersebut, Jeff Drazen, menyatakan pada saat melakukan ekspedisi di Palung Mariana. Ketika akan melakukan penyelaman dengan Cube berisi oksigen yang cukup untuk menyelam, bahwa jika kotak kaca ini retak sedikit saja, maka kotak ini akan meledak dalam hitungan mikrodetik dan menghasilkan gelombang yang dahsyat, sama seperti meledakkan dinamit di dalam laut. Ketika sampai di dasar palung, para pendarat menunggu dan menyaksikan hal apa yang akan terjadi sampai akhirnya para pendarat mendapat kejutan yang luar biasa. “Kami menyaksikan untuk pertama kalinya ikan-ikan di laut terdalam di dunia yang pernah terekam sepanjang sejarah,” kata Drazen.

Setelah diteliti, ternyata alasan di balik bertahannya ikan-ikan ini hidup di dasar samudera yang tekanan airnya ribuan kali dari tekanan di permukaan laut adalah adanya zat khusus dalam tubuh ikan-ikan tersebut. Zat ini adalah trimethylamine oxide yang dapat menjaga dinding sel ikan-ikan dan amfipoda tersebut secara fleksibel sehingga spesies-spesies ini tidak ‘hancur’ atau kelebihan air garam.

Referensi
NatGeo
www.mongabay.co.id
Youtube
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net