5 Agu 2016

Mengapa Ada Makhluk yang Dapat Hidup di Palung Mariana?

Kehidupan palung mariana. Sumber: bangsaonline.com
Tafshare.com - Sebelumnya kita telah menjawab pertanyaan Adakah Kehidupan pada Kedalaman 11,3 Km di Dasar Laut?. Kehidupan di kedalaman tersebut ditinggali oleh ikan - kan kecil, besar, amphipod dan sebagainya. Keunikan dan keanehan juga terdapat pada kedalaman ini. Jika pada kedalaman ini memberikan tekanan hidrostatik sebesar 8Ton/inchi yang dapat menghancurkan setiap benda yang masuk kedalamnya. Maka, kenapa hewan - hewan yang hidup berenang seperti pada kehidupan biasanya tidak hancur?.

Seorang pakar biologi asal Universitas Hawaii sekaligus peneliti senior dalam tim tersebut, Jeff Drazen, menyatakan pada saat melakukan ekspedisi di Palung Mariana. Ketika akan melakukan penyelaman dengan Cube berisi oksigen yang cukup untuk menyelam, bahwa jika kotak kaca ini retak sedikit saja, maka kotak ini akan meledak dalam hitungan mikrodetik dan menghasilkan gelombang yang dahsyat, sama seperti meledakkan dinamit di dalam laut. Ketika sampai di dasar palung, para pendarat menunggu dan menyaksikan hal apa yang akan terjadi sampai akhirnya para pendarat mendapat kejutan yang luar biasa. “Kami menyaksikan untuk pertama kalinya ikan-ikan di laut terdalam di dunia yang pernah terekam sepanjang sejarah,” kata Drazen.

Setelah diteliti, ternyata alasan di balik bertahannya ikan-ikan ini hidup di dasar samudera yang tekanan airnya ribuan kali dari tekanan di permukaan laut adalah adanya zat khusus dalam tubuh ikan-ikan tersebut. Zat ini adalah trimethylamine oxide yang dapat menjaga dinding sel ikan-ikan dan amfipoda tersebut secara fleksibel sehingga spesies-spesies ini tidak ‘hancur’ atau kelebihan air garam.

Referensi
NatGeo
www.mongabay.co.id
Youtube
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: