2 Mei 2020

Pebedaan Review Jurnal dan Critical Review Jurnal

Tafshare.com - Jurnal menjadi salah satu publikasi yang terpercaya dikalangan akademisi. Hal ini dikarenakan jurnal memberikan hasil penelitian terbaru dan terpercaya kualitasnya. Cukup sulit tentunya untuk mensubmit hasil penelitian ke jurnal tertentu jika penelitian kurang baik atau tidak cukup kredibel. Selama beraktivitas sebagai mahasiswa sudah cukup sering diberikan sebuah tugas mengenai review jurnal. Bahkan mungkin para pembaca sudah sering melihat review jurnal atau bahkan sudah sering membuat sebuah review jurnal. Namun dalam pelaksanaannya sebetulnya review jurnal dibagi menjadi dua bagian yakni review jurnal dan critical review jurnal.

Review jurnal sendiri sebenarnya proses merangkum dari hasil publikasi yang didapatkan atau diajukan sedangkan critical review jurnal berupa tinjaun dan penilaian pada kualitas jurnal tersebut baik berupa kelebihan ataupun kekurangannya. Sehingga review jurnal dilakukan untuk memberikan gambaran dari jurnal tersebut sedangkan critical review jurnal memberikan gambaran terhadap kualitas suatu jurnal. Critical review jurnal baru dapat dilakukan setelah mengulas isi jurnal yang didapatkan. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh dari review jurnal dan critical review jurnal.

Review Jurnal
JUDUL JURNAL: Hubungan Politik dalam Penerpan Kebijakan Pengelolaan Perikanan (hanya contoh)
PENULIS: Disamarkan (contoh)
PUBLIKASI: Jurnal Indonesia (contoh)
LINK PUNLIKASI: Jika ada
Diakses: Untuk memperjelas bagi pemberi tugas atau penerima review
REVIEWER: contoh

LATAR BELAKANG: Politik berhubungan dengan penyelenggaraan tata kelola Negara yang berdampak pada kebijakan-kebijakannya. Kebijakan tersebut diterapkan diseluruh sektor termasuk sektor perikanan. Penerapan kebijakan di sektor perikanan masih sering tumpang tindih dengan penerapan kebijakan lainnya.

TUJUAN: Mengetahui hubungan yang terjadi antara politik dengan perikanan. Juga bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pembaca bagaimana politik mempengaruhi tata kelola perikanan.

METODE: Penelitian analisis referensi yang tersedia baik dari teori, buku hingga penelitian yang dilakukan sebelumnya.

HASIL: Perikanan dan Politik memiliki hubungan yang sangat erat. Politik memiliki peran dalam menentukan arah kebijakan pengelolaan perikanan suatu negara. Bahkan ahli mengatakan bahwa perikanan dapat menopang kebutuhan pangan suatu negara kepulauan. Penulis menjelaskan tahapan penerapan kebijakan pengelolaan perikanan seperti sistem ekspor impor, penggunaan kapal dan kapasitasnya, produksi hasil perikanan dan tingkat harga ikan.

Critical Review Jurnal
Sebelumnya sama dengan review jurnal, hanya berikutnya memberikan sebuah penilaian lengkap pada jurnal tersebut seperti penulisan, abstrak, latar belakang hingga kesimpulan berdasarkan hasil yang didapatkan.

CRITICAL REVIEW: Isi jurnal tersebut sudah dapat menggambarkan kepada pembaca. Dimulai dari judul yang cukup mengenai bagian - bagian mana saja yang akan dibahas. Metode yang dijelaskan juga cukup lengkap dan berdasar pada sumber yang jelas. Namun penulis membuat kekeliruan pada mapping target yang tidak dijelaskan.
Penjelasan juga cukup bertele-tele dan kalimat berulang sehingga memberikan penjelasan yang kurang efektif.
Secara penulisan sudah cukup rapi dan teratur, bahkan tidak ada typo sama sekali.

Seperti itulah contoh dari sebuah review jurnal dan critical review jurnal. Kalangan mahasiswa lebih banyak membahas mengenai review jurnal, namun bagi kalangan akademisi atau bahkan pemilik otoritas penerbitan jurnal lebih banyak memberikan critical review jurnal. Ini dilakukan semata untuk melihat sisi kelebihan dan kekurangan dari jurnal tersebut sehingga layak untuk diterbitkan oleh publisher atau tidak.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

1 komentar: