Perbedaan Induk Jantan dan Betina Ikan Cupang (Betta sp)

Tafshare.com - Ikan cupang jantan memiliki warna tubuh yang lebih cerah, sirip yang terlihat mengembang dengan indah dan bentuk tubuh yang lebih panjang dan ramping, sedangkan ikan cupang betina memiliki warna tubuh cenderung pucat, sirip tidak selebar ikan cupang jantan, dan bentuk tubuh ya pendek dan gemuk. Selain itu, gerakan dari ikan cupang jantan sangat agresif, dibandingkan dengan betina gerakannya sangat lamban. Sifat agresif ini diperlihatkan ketika ikan jantan bertemu dengan ikan jantan lainnya ataupun ikan betina yang kemudian akan membuka operculum dan seluruh siripnya sehingga akan memperlihatkan kejantanannya Ikan Jantan memiliki kebiasaan yakni akan membuat gelembung gelembung dipermukaan air ketika sudah memasuki fase dewasa. (Atmadjaya, 2008). Pada ikan cupang betina umumnya perut memang lebih gemuk dan sering kali terlihat bayangan telur-telurnya. Ikan cupang memiliki bintik putih di bagian perutnya atau yang disebut dengan eggtube/ovipositor. Tubuh ikan cupang jantan dapat mencapai 5-9 cm, sedangkan ikan cupang betina ukurannya lebih pendek (Kottelat et al., 1993).
sumber: ikancupangku.com
Sumber:
Atmadjaja, J. dan M. Sitanggang. 2008. Panduan Lengkap Budidaya & Perawatan Cupang Hias. PT Agro Media Pustaka, Jakarta.
Kottelat, M., A.J. Whitten, S.N. Kartikasari & S. Wirjoatmodjo, 1993. Freshwater fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Periplus Editions, Hong Kong.

No comments:

Post a Comment