.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Pemahaman Seputar Laut #0

Sumber: Anneahira.com
Tafshare.com - Sebelumnya kita telah membahas mengenai Mengapa Bukan Planet Laut?. Mungkin ada baiknya membaca tulisan tersebut dan menjawab pertanyaannya, mengapa tidak diberi nama planet laut?. Silahkan bagi yang mengetahui, dapat menjawabnya. Sekarang sedikit menceritakan saja bahwa, ilmu perikanan tidak hanya berbicara soal hewan air saja tapi juga membahas tempat hidupnya. Tempat hidup hewan air terbesar adalah laut. Sehingga kita mahasiswa perikanan juga harus paham mengenai laut.

Apa itu laut?. Banyak jawaban yang akan muncul mengenai ini. Mulai dari kumpulan air yang banyak, air asin hingga tempat misterius di bumi. Tidak ada yang salah dari jawaban tersebut, akan tetapi secara istilah dapat kita artikan Laut ialah seluruh badan air asin yang saling berhubungan dan menutupi 70% (tepatnya 70,78%) dari permukaan bumi. Jumlah ini tidak termasuk Danau Asin (Salt Lake) yang tidak dinyatakan sebagai laut, berdasarkan definisi di atas. Air pada permukaan bumi, dengan demikian, bisa dibedakan berdasarkan tempatnya, ialah: air laut dan badan air yang ada di darat, selain Laut. Dari total badan air yang menutupi permukaan bumi, 97% ialah air laut. Hanya sekitar 3% air di bumi yang bukan air laut.

Dari definisi diatas, sangat jelas bahwa identitas planet kita adalah laut. Tapi nampaknya kita mash belum menghargai planet kita. Kita masih belum mengerti kebutuhan kita akan laut dan kehidupan di dalamnya. Laut lebih dominan ketimbang daratan. Tapi kita selalu mempergunakan istilah planet bumi, bukan planet laut dalam perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan manusia.

Referensi
Jurnal Perikanan Ub.ac.id
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net