30 Okt 2016

Definisi - definisi dalam Perikanan

Sebelum jauh melangkah ke dalam untlebih dauk mengenal perikanan lebih jauh, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal definis - definisi yang ada dalam perikanan. Definisi ini merupakan kesepakatan pelaku perikanan dan tercantum dalam beberapa no. dan tahun di Undang - Undang kita agar mempermudah pembuatan regulasi, penjelasan dan sebagainya terkait dengan aktivitas perikanan. Definisi - definisi ini di tujukan agar

  • Usaha perikanan adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan sistem bisnis perikanan yang meliputi praproduksi, produksi, pengolahan, dan pemasaran.
  • Perikanan tangkap adalah usaha perikanan yang berbasis pada kegiatan penangkapan ikan.
  • Usaha perikanan tangkap terpadu adalah kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan secara terpadu sekurang-kurangnya dengan kegiatan pengolahan ikan.
  • Nelayan adalah orang yang mata pencahariannyamelakukan penangkapan ikan.
  • Nelayan kecil adalah orang yangmata pencahariannyamelakukan penangkapan ikan untukmemenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Penangkapan ikan adalah kegiatan untuk memperoleh ikan diperairan yang tidak dalam keadaan dibudidayakan dengan alat atau cara apapun, termasuk kegiatan yang menggunakan kapal untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, menangani, mengolah, dan/atau mengawetkannya.
  • Pengangkutan ikan adalah kegiatan yang khusus melakukan pengumpulan dan/atau pengangkutan ikan dengan menggunakan kapal pengangkut ikan, baik yang dilakukan oleh perusahaan perikanan maupun oleh perusahaan bukan perusahaan perikanan.

Definisi - deefinisi tersebut akan senantiasa mengiringi pembahasan kita terkait dengan perikanan. Definisi - definisi diatas belumlah lengkap mencakup seluruh deinisi yang ada. Setidaknya telah mewakili beberapa pengertian dan dapat menambah cakrawala kita akan perikanan.
SEKIRANYA TULISAN INI BERMANFAAT, MOHON SEBARKAN MENGGUNAKAN TOMBOL DIBAWAH INI
Previous Post
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 komentar: