.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Cara Mengolah Ikan Segar dan Tujuannya

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat digemari masyarakat. Selain harga produknya yang mayoritas cukup terjangkau, ketersediaannya pun cukup melimpah. Sehingga sangat jarang terjadi harga naik yang begitu tinggi karena kekurangan stok. Meskipun dalam beberapa kondisi dapat terjadi, akan tetapi sangatlah jarang.

Nelayan merupakan pekerjaan utama kebanyakan masyarakat pesisir. Sehingga penghasilan mereka bertumpu pada ketersediaan ikan dan banyaknya hasil tangkapan yang diperoleh. Dari sana ada yang diolah baru kemudian dipasarkan, ada pula yang langsung di jual mentah. Ini menjadikan produk perikanan sebagai penghasilan utama masyarakat pesisir.

Ikan yang menjadi bagian penting dalam kehidupan seorang nelayan atau masyarakat pesisir merupakan produk yang mudah rusak. Ini terjadi karena Ikan merupakan hewan yang tinggi kandungan airnya dan pH tubuh yang mendekati netral. Sehingga kondisi ini menjadi tempat optimal sebagai media tumbuhnya bakteri pembusuk. Padahal produk perikanan menjadi tinggi harganya apabila tersedia dalam kondisi segar. Maka, akan timbul kerugian harga apabila tidak dilakukan penanganan khusus terhadap hasil perikanan.

Pengolahan merupakan penanganan awal agar hasil perikanan tetap terjaga kualitasnya sehingga harganya tetap berada pada kisaran standar sesuai pasaran. Dalam melakukan pengolahan produk, ada beberapa teknik tertentu yang dilakukan. Teknik tersebut meliputi teknik Tradisional dan teknik Modern.

Teknik Mengolah Ikan
Pengolahan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Teknik pengolahan secara tradisional terdiri dari pengeringan, Pengasapan, dan Fermentasi. Pengolahan yang dilakukan secara modern ialah Pembekuan, Pendinginan dan Pengalengan.

Adapun teknik yang lain selain teknik diatas yaitu teknik yang diwariskan. Teknik ini sebetulnya masuk kedalam pengembangan teknik tradisional hanya saja sedikit yang menerapkannya karena bentuk dari warisan pendahulunya seperti misal dibungkus dengan daun pisang kering, direndam air garam dan dikubur dalam pasir atau semacamnya.

Tujuan Pengolahan

Tujuan dari pengolahan ini ialah mempertahankan mutu dan kesegaran ikan. Sehingga tidak terjadi kerusakan produk dan jatuh harga. Tujuan yang paling utama ialah menghambat terjadinya proses kemunduran mutu baik terjadi karena fisik, kimia maupun biologi.

Dengan pengolahan yang baik dan benar maka diharapkan dapat mempertahankan harga produk dipasaran. Ikan yang tersedia dapat sampai pada konsumen dalam kondisi yang masih segar.
Author image
Tentang Penulis

Buhairi Rifqa Moustafid atau biasa dipanggil Taf/Moustafid/Tafid merupakan seorang mahasiswa Jurusan Perikanan dengan program studi Budidaya Perikanan Universitas Gadjah Mada. Saya merupakan orang yang masih perlu banyak belajar untuk menambah wawasan kepenulisan dan artikulasi terutama dalam bidang perikanan. Semoga tulisan - tulisan dalam blog ini bermanfaat dan dapat membuka cakrawala pembaca seputar dunia perikanan, pertanian dan kawan - kawannya. Jika ada kritik, saran, pesan, salah dan tulisan yang tidak berkenan dapat anda sampaikan melalui pesan sosial media yang tercantum. Jazakallahu khoiron katsir.

Follow me on:

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net